Selasa, 14 Apr 2020 14:03 WIB

WHO Sebut Butuh Vaksin untuk Bisa Hentikan Penyebaran Corona Sepenuhnya

Firdaus Anwar - detikHealth
Vaksin COVID-19 di Jerman: Pengujian Pertama Segera Hadir Pengembangan vaksin Corona dikebut dunia. (Foto ilustrasi: DW News)
Jakarta -

Beberapa negara dilaporkan mulai menghadapi ancaman gelombang kedua virus Corona COVID-19. China misalnya, pada hari Minggu (12/4/2020) melaporkan mendapat 108 kasus infeksi Corona baru yang lebih dari setengahnya dari luar negeri alias kasus impor.

Terkait ancaman gelombang kedua ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan wabah virus Corona bisa terus kembali dan muncul di semua negara. Dibutuhkan vaksin yang sudah teruji untuk benar-benar bisa menghentikan penyebaran virus.

"Keterhubungan kita secara global dapat diartikan bahwa risiko pengenalan ulang dan kemunculan kembali COVID-19 akan terus berlanjut. Pada akhirnya pengembangan dan pengiriman vaksin yang aman serta efektif diperlukan untuk sepenuhnya menghentikan transmisi," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

WHO mengingatkan agar negara lebih berhati-hati saat memutuskan meringankan kebijakan pengendalian virus Corona hanya karena laporan kasus baru yang mulai menurun. Bila kebijakan seperti lockdown atau karantina wilayah dicabut prematur, ada risiko wabah kembali mengganas.

"Artinya upaya pengendalian ini harus dicabut pelan-pelan dan terarah. Tidak bisa sekaligus," kata Tedros seperti dikutip dari akun Twitter resmi WHO, Selasa (14/4/2020).

"Upaya pengendalian hanya bisa dicabut apabila ada kebijakan kesehatan masyarakat lain yang sudah disiapkan, termasuk kapasitas pelacakan yang signifikan," ungkapnya.



Simak Video "Nasib Akupunktur di Masa Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)