Selasa, 14 Apr 2020 19:05 WIB

Ahli Sarankan Mencuci Buah dan Sayur yang Dibeli dari Supermarket

Ayunda Septiani - detikHealth
Image of fresh vegetables in cart in supermarket Disarankan mencuci buah dan sayur yang dibeli di supermarket dengan sabun khusus. (Foto: iStock)
Jakarta -

Salah satu langkah terbaik untuk mengurangi penyebaran virus Corona COVID-19 adalah dengan physical distancing atau sebisa mungkin tetap di rumah. Namun, ada beberapa keadaan mendesak yang membuat seseorang perlu ke luar rumah.

Misalnya ketika harus membeli kebutuhan pokok yang sudah habis sehingga ke luar rumah tidak bisa ditunda. Nah, hal yang paling penting yang diperhatikan ketika berbelanja di supermarket adalah menjaga kebersihan diri terutama tangan.

Selain itu, menurut dr Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD, spesialis penyakit dalam, sepulang dari supermarket sebaiknya dicuci dahulu bahan makanan seperti sayur dicuci dengan sabun khusus. Sebab ada kekhawatiran buah dan sayur tersebut sudah disentuh oleh orang lain.

"Sebaiknya demikian. Sayur dan buah dicuci dengan sabun khusus cuci sayur buah," kata dr Dirga saat dihubungi detikcom Senin (13/4/2010).

Sepulang berbelanja dari supermarket, dr Dirga menyarankan juga untuk cuci tangan menggunakan sabun setelah memegang benda yang dibeli dari supermarket.

"Dan yang terpenting, kita cuci tangan dengan air dan sabun setelah memegang benda apapun yang kita beli dari supermarket," tambahnya.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)