Rabu, 15 Apr 2020 19:41 WIB

Nutrisi yang Bisa Optimalkan Kecerdasan Anak Ada di Ikan Sarden

Abu Ubaidillah - detikHealth
ilustrasi ikan sarden Foto: shutterstock
Jakarta -

Bagi yang memiliki buah hati yang sedang dalam masa pertumbuhan, Anda bisa memberinya sarden sebagai menu masakan. Ikan sarden memiliki manfaat untuk membantu anak yang sedang dalam masa pertumbuhan agar tumbuh cerdas optimal.

Banyak kandungan di dalam ikan sarden yang memiliki manfaat baik untuk perkembangan otak anak. Sarden dapat menjadi pilihan tepat masakan untuk disajikan kepada si kecil ketika berada di rumah aja.

Dilansir dari Healthline, ikan sarden mengandung berbagai nutrisi penting seperti asam lemak omega 3, vitamin B12, dan protein untuk bantu cerdaskan otak anak. Lalu, apa sih fungsi dari nutrisi-nutrisi tersebut untuk perkembangan otak anak?

Manfaat Omega 3 Untuk Kecerdasan Otak Anak

Menurut sumber yang sama, asam lemak omega 3 EPA dan DHA sangat penting untuk perkembangan otak normal di semua tahap kehidupan, khususnya untuk perkembangan otak bayi dan anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Bahkan, beberapa penelitian menghubungkan asupan minyak ikan yang tinggi kepada wanita hamil membuat anak-anak yang lahir memiliki skor lebih tinggi dalam tes kecerdasan dan fungsi otak pada anak usia dini.

Asam lemak juga berperan penting memelihara fungsi otak normal sepanjang hidup. Mereka akan menyebar di membran sel otak untuk menjaga kesehatan membran sel dan memfasilitasi komunikasi antara sel-sel otak.

Vitamin B12 Bantu Optimalkan Kecerdasan Otak

Menurut US National Library of MedicineNational Institutes of Health, vitamin B12 sangat penting untuk perkembangan otak. Status vitamin B12 yang tidak memadai selama masa kehamilan dan anak usia dini telah dikaitkan dengan hasil kesehatan yang buruk.

Vitamin B12 merupakan vitamin B esensial yang memainkan peran penting dalam sintesis DNA untuk membantu anak mengoptimalisasi kecerdasan anak pada usia dini.

Menyajikan makanan sumber vitamin B12 pada anak merupakan salah satu cara tepat untuk meningkatkan kecerdasan otaknya, termasuk untuk memenuhi hari-hari #DiRumahAja.

Protein pada Sarden Bantu Cerdaskan Otak Anak

Menurut Psychology Today, protein juga berperan penting untuk mengoptimalkan kesehatan otak. Khususnya bagi yang baru pulih dari cedera otak termasuk gegar otak atau Post Concussion Syndrome (PCS).

Sel-sel otak membutuhkan protein agar dapat berfungsi dengan optimal. Selain itu, protein juga berperan membantu meningkatkan daya ingat, khususnya pada anak yang tengah dalam masa pertumbuhan.

Itulah nutrisi dari ikan sarden yang mampu bantu mengoptimalkan kecerdasan anak. Sarden merupakan salah satu pilihan makanan untuk si kecil saat berada di rumah aja. Ketika membeli, pastikan sarden dalam kondisi segar sehingga tidak hanya enak dimakan, melainkan nutrisinya juga tetap utuh.

Untuk sardennya, Anda bisa memilih sarden ABC yang diproduksi tanpa bahan pengawet dan kaya nutrisi seperti kalsium, protein, vitamin B12, dan omega 3&6 yang baik untuk perkembangan otak anak. Sarden ABC dapat menjadi makanan yang sehat saat di rumah aja untuk anak.

Sarden ABC tersedia dengan 3 varian yakni sarden ABC tomat, pedas, dan ekstra pedas sehingga membuat kegiatan #MasakSehatAlaSardenABC dapat menjadi lebih variatif. Buat anak yang tidak terlalu suka pedas, Anda bisa menyajikan sarden tomat namun bila anak suka pedas, sarden ekstra pedas dapat menjadi pilihan.

Sarden ABC dapat dijadikan stok selama #DiRumahAja untuk mematuhi anjuran PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dari pemerintah. Selain sehat, sarden ABC juga tidak membutuhkan waktu lama dalam penyajiannya sehingga kegiatan memasak selama di rumah akan menjadi lebih hemat waktu dan menyenangkan.



    Simak Video "Produk Sarden yang Mengandung Cacing Ditarik BPOM"
    [Gambas:Video 20detik]
    (ega/ega)