Kamis, 16 Apr 2020 06:00 WIB

Kenali Berbagai Pemicu Stres Saat Bekerja dari Rumah

Ayunda Septiani - detikHealth
Business woman drinking coffee to get some energy for working overtime Bekerja dari rumah terkadang lebih memicu stres (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Pandemi virus Corona telah membuat perubahan besar dalam bekerja. Adanya arahan untuk jaga jarak dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) mengakibatkan pusat perkantoran ditutup dan karyawan diminta bekerja di rumah atau WFH (Work from Home).

Saat ini semakin banyak orang yang bekerja di rumah. Bahkan menurut Global Workplace Analytics terjadi peningkatan 159 persen dalam pekerjaan jarak jauh terlebih saat wabah virus Corona.

Arahan bekerja dari rumah membuat banyak orang bersorak. Siapa sih yang nggak ingin tetap produktif dan bekerja di rumah saja? Tapi jangan salah ternyata WFH lebih melelahkan bahkan bisa menimbulkan burnout.

Ada pemicu terjadinya burnout karena berubahnya kebiasaan dan dipaksa untuk beradaptasi dengan situasi yang baru, seperti yang dijelaskan psikolog klinis dewasa, Arrundina Puspita Dewi, MPsi.

"Karena harus mengubah kebiasaan, dipaksa untuk beradaptasi dengan situasi baru, bekerja di rumah. Ini saja sudah cukup membuat stres," ujar Arrundina kepada detikcom, Rabu (15/4/2020).

1. Belum terbiasa WFH

Karena kita harus mengubah kebiasaan. Kita dipaksa untuk beradaptasi dengan situasi baru yaitu saat bekerja di rumah. Hal ini sudah cukup membuat stres dan bagi orang-orang yang memang memerlukan waktu lama untuk beradaptasi, tingkat stresnya bahkan bisa lebih tinggi lagi.

Selain itu, dengan kerja di rumah juga diharuskan untuk mengatur jadwal kerja sendiri yang mana memerlukan adaptasi yang baru.

2. Merasa beban kerja bertambah

Beban kerja dirasa makin bertambah karena keterbatasan gerak untuk mengerjakan tugas-tugas pekerjaan, kesulitan untuk berdiskusi dengan rekan kerja, belum lagi dengan tugas-tugas rumah yang harus dikerjakan.

Sebelumnya saat bekerja di kantor yang dipikirkan hanya urusan kantor, dan setelah pulang ke rumah bisa istirahat dari pekerjaan. Nah, sekarang dipaksa harus bisa beradaptasi dengan urusan kantor dan rumah sekaligus.

Tumpang tindih antara dua hal yang sama pentingnya inilah yang pada akhirnya membuat stres berkepanjangan, kewalahan, hingga akhirnya mengalami burnout.



Simak Video "Work From Home Bisa Picu Burnout, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)