Kamis, 16 Apr 2020 10:26 WIB

Jangan Paranoid, Kenali Gejala Terinfeksi Corona dari Batuk

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Batuk Foto: shutterstock
Jakarta -

Orang yang mengalami gejala seperti batuk, demam, atau flu tak perlu panik berlebihan dan tiba-tiba minta untuk dites COVID-19. Gejala batuk COVID-19 dan flu biasa memang tampak mirip, namun ada beberapa perbedaan yang bisa kamu kenali.

Mengutip Medical News Today, gejala batuk pada virus corona COVID-19 biasanya memakan waktu lebih lama antara 1-14 hari. Sedangkan untuk batuk pada flu biasanya akan mengalami gejala lebih singkat dalam 1-4 hari.

Sementara itu, menurut Medical Manager, Consumer Health Division Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi, batuk merupakan gejala klinis yang sembuh dapat mencapa1 1-2 minggu. Bahkan batuk yang diakibatkan karena flu atau selesma.

"Saat orang batuk kita memang harus waspada, namun tidak perlu khawatir berlebihan selama kita selalu menggunakan masker, menjaga kebersihan tangan, dan mengonsumsi gizi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh," ujar dr Helmin kepada detikHealth baru-baru ini.

Adapun gejala batuk pada flu biasanya disertai dengan bersin dan hidung tersumbat atau pilek. Sedangkan pada penderita virus corona hal itu tidak terjadi.

"Gejala Corona dapat diawali dengan demam, namun gejala yang biasanya muncul adalah demam, batuk dan sesak," tambah dr Helmin.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menjelaskan batuk pada virus corona akan disertai dengan demam yang tinggi dan sesak napas. Gejala ini akan muncul dari 2 sampai 4 hari dari masa terinfeksi. Tahap ini juga sering disebut periode inkubasi. Jadi jika kamu batuk dan tidak diikuti gejala virus corona yang lain dipastikan kamu hanya sedang terkena flu biasa.

Meski begitu, dr Helmin menyarankan untuk tetap waspada terhadap gejala batuk yang sedang diderita. Jika kamu memiliki riwayat kontak dengan penderita positif, sebaiknya perlu diwaspadai dan periksa diri ke rumah sakit.

"Jika ada gejala ISPA dan ada riwayat kontak dengan PDP dan atau positif COVID-19, dianjurkan segera periksakan ke RS rujukan," imbuhnya.

Namun jika menderita batuk biasa, segeralah minum obat batuk salah satunya adalah Woods. Untuk batuk kering dan tidak berdahak bisa untuk mengonsumsi Woods Antitusive. Selanjutnya apabila mengalami batuk berdahak bisa mengonsumsi Woods Expectorant.



Simak Video "Ahli Buktikan Remdesivir Percepat Kesembuhan Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)