Kamis, 16 Apr 2020 12:27 WIB

Viral Penampakan dari Dekat Mata Memerah Akibat Menangis, Ini Kata Dokter

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Viral penampakan dari dekat mata merah akibat menangis. Viral penampakan dari dekat mata memerah karena menangis. (Foto: Tangkapan layar Twitter)
Jakarta -

Ramai diperbincangkan di media sosial, sebuah foto yang menggambarkan mata memerah akibat menangis. Dalam foto tersebut terlihat banyak pembuluh darah yang membesar membuat sebagian warganet merasa takut bahkan ada yang mendeskripsikannya seperti cacing.

"Banyak bgt cacingnya," tulis seorang warganet, @sah***tn*bii, Rabu (15/4/2020).

"Ngeri tapi estetik," ucap warganet lainnya, @bi**d*mn.

Menanggapi hal ini, dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Jakarta Eye Center (JEC), Kedoya, Jakarta Barat, dr Elvioza, SpM(K), mengatakan saat menangis pembuluh darah di sekitar mata yang melebar itu berfungsi untuk menghasilkan air mata.

"Air mata itu asalnya dari pembuluh darah, karena itu untuk menghasilkan air mata yang banyak maka pembuluh darah itu melebar," kata dr Elvioza kepada detikcom, Kamis (16/4/2020).

"Jadi urat-urat merah itu adalah pembuluh darah yang melebar," lanjutnya.

Menurutnya dalam pembuluh darah itu ada kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi air mata. Jadi ketika menangis, air mata akan dihasilkan oleh pembuluh darah dan disalurkan melalui kelenjar tersebut.

"Dari pembuluh darah nanti ada kelenjar air mata dan dari kelenjar itulah air mata keluar. Kelenjar air mata itu sumber airnya dari pembuluh darah dan pembuluh darah menyuplai air dari situ nanti keluarlah air mata," jelas dr Elvioza.

dr Elvioza juga menjelaskan ketika seseorang sudah berhenti menangis, pembuluh darah di sekitar mata akan menjadi normal kembali sehingga tidak akan terlihat memerah.

"Membesar dan melebar sesaat, ketika itu sudah selesai nanti dia normal lagi, tapi kalau ada rangsangan terus-menerus dia akan merah terus, melebar terus pembuluh darahnya," tuturnya.



Simak Video "Kata Psikolog Soal Siswi di Sulsel Dilecehkan Beramai-ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)