Kamis, 16 Apr 2020 12:30 WIB

5 Langkah Pencegahan agar Kamu Tak Tertular Corona Sesuai Standar WHO

Ayunda Septiani - detikHealth
Young woman wearing face mask because of air pollution in the city Protokol pencegahan virus corona sesuai anjuran WHO. (Foto: Istock)
Jakarta -

Penyebaran virus Corona COVID-19 masih terus berkembang di seluruh dunia. Hingga saat ini belum ada vaksin yang tepat untuk menangkal virus tersebut.

Meski belum ada vaksin yang bisa menangkalnya, setidaknya kita bisa mencegah agar virus tersebut tidak menginfeksi tubuh. Dilansir dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), berikut langkah-langkah pencegahan awal yang bisa kamu lakukan.

1. Mencuci tangan secara teratur

Biasakan mencuci tangan sesering mungkin secara teratur dan menyeluruh. Membersihkan tangan menggunakan cairan berbasis alkohol atau cuci tangan dengan sabun dan air.

Mencuci tangan dengan sabun dan air bisa membunuh virus yang mungkin saja melekat pada tangan.

2. Jaga jarak

Penting untuk menjaga jarak setidaknya satu meter dari siapa saja yang batuk dan bersin. Ketika seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil atau droplet dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus.

Jika terlalu dekat, kamu bisa saja menghirup tetesan droplet dari seseorang yang terinfeksi virus Corona COVID-19 saat ia batuk.

3. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut

Tangan menyentuh banyak permukaan dan dapat menjadi perantara penyebaran virus. Setelah terkontaminasi, tangan dapat menyebarkan virus ke mata, hidung, atau mulut. Akibatnya, kita bisa terinfeksi virus Corona COVID-19.

4. Jaga etika batuk dan bersin

Pastikan kamu dan orang-orang di sekitar menutupi mulut dan hidung dengan siku saat batuk atau bersin. Jika memakai tisu, segera buang tisu bekas kamu pakai.

Tetesan air liur atau droplet saat bersin bisa menyebarkan virus Corona. Jika kamu menutup mulut saat bersin, maka akan melindungi orang-orang di sekitar kamu dari virus seperti flu dan COVID-19.

5. Cari perawatan medis

Jika mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas, segera cari perawatan medis. Tetap di rumah jika merasa tidak sehat. Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah kamu.



Simak Video "Seputar IAR Corona Indonesia yang Dinilai Sukses oleh WHO"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)