Kamis, 16 Apr 2020 19:01 WIB

Viral Foto Rontgen Paru-paru Anak PDP di Medan, Bukti Corona Tak Pandang Usia

Firdaus Anwar - detikHealth
Virus corona: Seberapa besar kemungkinan anak-anak terkena Covid-19? Virus corona bisa menyerang segala usia. (Foto: BBC Magazine)
Jakarta -

Di media sosial viral foto rontgen disebut menunjukkan paru-paru anak dengan status pasien dalam pengawasan (PDP) infeksi virus Corona COVID-19 di Medan. Foto itu dikatakan sebagian netizen jadi bukti bahwa penyakit bisa menyerang siapa saja.

Spesialis paru dr Mohammad Ramadhani Soeroso, SpP, KOnk, membenarkan rontgen tersebut memang milik seorang pasien anak perempuan berusia tujuh tahun di Medan. Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara ini menyebut sang pasien didiagnosis mengalami pneumonia dengan ciri-ciri karena infeksi virus.

"Kebetulan saya lagi jaga, pas banget di IGD melihat pasien ini. Jadi dia sesak berat. Aduh kasihan sampai sekarang saya enggak bisa lupa muka anaknya," kata dr Ramadhani pada detikcom, Kamis (16/4/2020).

"Status dia PDP berat COVID-19. Hasil rapid tesnya positif. Kalau dari foto parunya itu jelas itu virus," lanjutnya.

Tak lama setelah masuk IGD, pasien langsung dipindahkan ke ruang ICU untuk menjalani prosedur intubasi dan dipasang alat bantu napas ventilator. Sayang, keesokan harinya nyawa pasien tidak bisa diselamatkan.

dr Ramadhani berpesan kasus ini bisa jadi pelajaran agar masyarakat setempat lebih waspada dan menanggapi ancaman virus Corona dengan serius. Selama ini anak-anak sering dianggap lebih 'tahan' terhadap infeksi virus, namun bukan berarti benar-benar kebal.

"Masyarakat jangan anggap remehlah," pungkas dr Ramadhani.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)