Jumat, 17 Apr 2020 06:24 WIB

Viral Video Bocah Curi Celana Dalam, Psikolog Singgung Kemungkinan Fetish

Anjar Mahardhika - detikHealth
Polisi periksa saksi kasus pencurian celana dalam yang berujung perundungan di Karanganyar, Kamis (16/4/2020). Polisi periksa saksi kasus pencurian celana dalam yang berujung perundungan di Karanganyar, Kamis (16/4/2020). (Andika Tarmy/detikcom)
Jakarta -

Sebuah video tertangkapnya bocah yang melakukan pencurian celana dalam wanita, viral di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat sejumlah warga melampiaskan kemarahannya dengan merundung pelaku.

Saat dikonfirmasi, Kasat Reskrim Polres Karanganyar AKP Ismanto Yuwono membenarkan peristiwa tersebut. Menurut Ismanto, peristiwa tersebut terjadi di Dusun Beluk Kidul, Desa Sroyo, Kecamatan Jaten, Karanganyar, Rabu (15/4/2020) sekitar pukul 14.00 WIB.

"Pelaku tertangkap warga saat sedang melakukan pencurian. Dari tangannya warga menyita 15 pakaian dalam. Peristiwa di video tersebut terjadi beberapa saat sebelum pelaku dibawa ke Polsek Jaten," ujar Ismanto, Kamis (16/4/2020).

Psikolog Arrundina Puspita Dewi, MPsi, mengatakan banyak motif yang mempengaruhi seseorang melakukan perilaku seperti ini. Salah satunya kemungkinannya adalah perilaku fetishistic disorder.

"Kalau lihat dari perilakunya, memang ada mengarah ke fetishistic disorder. Gangguan psikologis, terkait daya tarik seksual yang kuat pada benda mati, atau ke bagian tubuh yang secara tradisional tidak dipandang menggugah secara seksual," ujar Arrudina saat dihubungi detikcom, Kamis (16/4/2020).

Namun, Arrudina menegaskan untuk mengetahui secara pasti harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap bocah tersebut. Banyak hal yang bisa membuat seseorang memiliki gangguan ini, salah satunya kurangnya edukasi seks dari orang tua.

"Edukasi tentang seks memang masih jarang banget dilakukan antara orang tua dengan anak. Jadi, akhirnya si anak cari tahu sendiri, eksplorasi sendiri, tanpa ada bimbingan dan pedoman dari orang dewasa (terutama orang tua)," jelasnya.

"Akibatnya, dia jadi mempelajari dan memahami hal-hal apa saja yg membuatnya tergugah secara seksual seorang diri, dan tidak tahu apakah itu wajar atau tidak," pungkasnya.



Simak Video "Beda Pengertian Droplet, Airborne, dan Aerosol Terkait Penularan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)