Jumat, 17 Apr 2020 10:19 WIB

Biar Tetap Sehat, Perhatikan Aturan Ngemil Saat Kerja dari Rumah

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Ngemil saat wfh Foto: shutterstock
Jakarta -

Kebijakan Work From Home' atau WFH untuk menghindari penyebaran virus Corona membuat sebagian orang jadi lebih repot tapi banyak pula yang cenderung bekerja lebih santai. Saat bekerja di rumah, para profesional bisa memakai busana kasual selagi menonton televisi atau ngemil.

Ngemil memang tak kenal tempat, baik di kantor ataupun di rumah. Selain dipercaya mampu menunda makan besar, camilan sehat juga bisa jadi salah satu cara untuk mengurangi rasa bosan menghadapi pekerjaan. Tapi, dalam menikmati camilan juga ada aturannya, lho. Dikutip dari Healthline, makan berlebihan meski teratur dapat mempengaruhi kesehatan serta meningkatkan stres dan kecemasan Anda.

"Tentu jika makan dengan jumlah yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan, selain dapat meningkatkan berat badan yang akan mempengaruhi metabolisme. Apalagi jika mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan pastinya akan meningkatkan kadar kolesterol tubuh sehingga memicu terjadinya penyakit jantung ataupun stroke," tambah Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita, kepada detikHealh, Jumat (17/4/2020).

Di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini, lanjut dr Adeline, sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mengubah pola makan dan pola hidup menjadi lebih sehat. Bagi Anda yang sedang menjalani WFH, artinya bisa lebih mudah mengonsumsi makanan yang dibuat sendiri di rumah.

"Ini merupakan pertanda baik bagi peningkatan kesehatan tubuh dan membantu menjaga daya tahan tubuh. Agar pola makan lebih sehat, pastinya harus konsumsi makanan cukup gizi yang mengandung karbohidrat lepas lambat, protein, juga lemak baik serta juga asupan serat yang bisa diperoleh dari sayur atau buah-buahan yang sesuai dengan takaran kebutuhan masing-masing," ujarnya.

Dulu, lanjut dr Adeline, pola makan sehat menggunakan istilah '4 Sehat 5 Sempurna' sebagai slogan porsi makan sehat dan bernutrisi yang terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, sayur-sayuran, buah, dan susu. Tetapi saat ini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) memperkenalkan metode makan baru dengan gizi seimbang yaitu 'Isi Piringku'.

"Dibandingkan '4 Sehat 5 Sempurna', 'Isi Piringku' menekankan pada berapa banyak porsi makanan yang ideal, menggunakan perumpamaan sajian dalam satu piring. Isi Piringku menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. Kampanye tersebut juga menekankan untuk membatasi gula, garam, dan lemak dalam konsumsi sehari-hari," beber dr Adeline.

Isi PiringkuIsi Piringku Foto: Istimewa

Sebelumnya, pastikan juga hitung kalori yang diperlukan oleh tubuh Anda. Untuk cemilan disarankan untuk memilih cemilan rendah kalori yang mengandung multigrain atau karbohidrat lepas lambat, rendah lemak, rendah gula, kaya akan nutrisi, tanpa pengawet maupun pewarna sehingga aman untuk tubuh kita.

Salah satu camilan sehat tersebut bisa ditemukan pada Fitbar yang dibuat dari Australian Oat, Rice Crispy & Premium Corn Flakes dengan kalori hanya 90kkal per bar nya sehingga ngemil Anda tetap menyehatkan. Selain menyehatkan, tentunya Fitbar juga memiliki rasa yang enak seperti Chocolate, Fruits, Nuts & Tiramisu Delight.

(akn/ega)