Jumat, 17 Apr 2020 13:15 WIB

Ramai Warga AS Minum ASI Perah untuk Cegah Corona karena Diklaim 'Super Food'

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi ASI perah ASI perah diklaim bisa meningkatkan antibodi. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Adanya ketakutan dan kekhawatiran akan penularan virus Corona membuat banyak orang mencari berbagai cara agar tidak terinfeksi. Warga Amerika Serikat bahkan sampai meminum ASI (air susu ibu) perah karena menganggap bisa mencegah COVID-19 karena dipercaya memiliki antibodi.

Penjualan ASI perah di seluruh wilayah AS mengalami peningkatan. Media The Daily Beast melihat banyak yang membeli ASI perah bukan untuk bayi tetapi dikonsumsi sendiri.

"Tidak ada bukti bahwa ASI dapat menyembuhkan (COVID-19) atau memberi Anda antibodi," tegas spesialis anak Dr Dyan Hes dari Pediatrics Gramercy New York kepada CBSN.

Selama bertahun-tahun, banyak warga AS yang mengonsumsi ASI perah karena menganggapnya sebagai 'super food'. Klaim tersebut telah berkali-kali dibantah oleh dokter yang mengatakan bahwa tidak ada manfaat kesehatan saat orang dewasa minum ASI.

"Itu semua hanya hipotesis. ASI adalah hal paling terakhir yang ada di daftar saya. Anda bisa membeli vitamin C atau zinc jika mau, tetapi jangan membeli ASI untuk mencegah COVID-19. Sangat tidak membantu," jelasnya.

Namun yang terpenting adalah belum ada deteksi virus di dalam ASI yang berarti ibu menyusui masih bisa menyapih anaknya. Ibu yang dites positif COVID-19 disebut masih boleh menyusui namun memakai sarung tangan dan masker.



Simak Video "Nasib Akupunktur di Masa Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)