Jumat, 17 Apr 2020 14:26 WIB

Apakah Bersin Termasuk Gejala Virus Corona?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
portrait of a young woman with tissue sneezing Ilustrasi bersin (Foto: iStock)
Jakarta -

Penularan virus Corona COVID-19 bisa terjadi melalui droplet atau tetesan air liur yang keluar dari mulut, saat batuk ataupun bersin. Tapi, apakah bersin termasuk salah satu gejalanya?

Mengutip dari The Sun, bersin bukan termasuk ke dalam salah satu dari gejala virus Corona. Meski begitu, sangat tidak diperbolehkan bersin sembarangan saat berada di lingkungan luar.

Bersin biasanya dikaitkan dengan penyakit seperti alergi terhadap sesuatu. Biasanya itu akan muncul bersamaan dengan ruam dan mata gatal.

Namun, jika seseorang tidak menyadari bahwa dirinya terinfeksi, lewat bersin itu bisa menyebarkan virus dari tetesan yang keluar. Maka dari itu, saat ini sangat dianjurkan untuk menutup hidung dan mulut saat bersin.

Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gejala umum yang sering muncul pada penderita COVID-19, seperti demam, batuk kering, diare, kelelahan, sesak napas, rasa nyeri di tubuh, sakit tenggorokan, sakit tenggorokan, diare, dan kehilangan indra penciuman serta perasa.

Meskipun bersin tidak termasuk salah satunya, tapi harus tetap waspada. Kunjungi dokter atau petugas kesehatan lainnya untuk memastikan tubuh jauh dari virus Corona.



Simak Video "Tips Aman Berkegiatan Sehari-hari Agar Bebas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)