Jumat, 17 Apr 2020 15:39 WIB

Hati-hati, 5 Asupan Ini Ternyata Bisa Picu Diabetes Lho!

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Diagnosis diabetes  and pills. Ilustrasi diabetes (Foto: iStock)
Jakarta -

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula (glukosa) dalam darah, hingga melampaui jumlah normal. Ini disebabkan karena adanya gangguan pada tubuh, sehingga tidak mampu memproses gula darah dengan baik dan akhirnya menumpuk.

Ada dua tipe diabetes, yaitu tipe 1 dan 2. Keduanya bisa muncul jika kondisi gula darah sudah tinggi secara kronis, atau disebut dengan prediabetes.

Untuk mencegah diabetes terjadi, harus mulai mengubah pola hidup dan makan yang sehat. Tapi ada beberapa asupan yang bisa memicu prediabetes menjadi diabetes lho.

Dikutip dari Health & Human Research, berikut 5 asupan yang bisa memicunya.

1. Jus buah

Buah seringkali dikenal sebagai makanan yang mengandung rasa manis alami. Tapi, ternyata jika kita mengkonsumsinya dalam bentuk jus bisa memicu munculnya diabetes lho.

Hal ini karena saat mengkonsumsi buah dalam bentuk jus, gula yang ada di buah akan terkonsentrasi semua di situ. Justru kandungan serat yang biasanya terdapat juga di buah, sama sekali tidak temukan. Hasilnya, jumlah gula dalam darah bisa meroket naik.

Selain itu, jus buah juga tidak membuat kenyang seperti halnya memakan buah utuh, karena serat dalam buah tidak masuk di dalamnya. Itu akan membuat seseorang terus merasa lapar, dan makan berlebih. Untuk mengatasinya, coba buat jus tanpa menggunakan pemanis tambahan lagi.

2. Nasi putih, roti, dan tepung

Tidak hanya makanan manis saja yang bisa memicu diabetes, tapi makanan yang bisa dipecah menjadi glukosa atau gula juga berpengaruh. Ini biasanya terdapat pada nasi putih, roti, dan tepung.

Karbohidrat diketahui mengandung glukosa atau gula, jika mengkonsumsinya terlalu banyak bisa memicu diabetes. Jika belum biasa meninggalkan karbohidrat, bisa menggantinya dengan gandum utuh yang lebih sedikit mengandung gula.

3. Produk susu penuh lemak

Diabetes juga berisiko membawa penyakit tambahan lainnya, seperti masalah jantung dan kolesterol. Kedua penyakit ini akan semakin mungkin muncul jika diabetes tidak dicegah.

Untuk mencegahnya, mulai kurangi asupan produk susu yang penuh lemak, seperti yogurt, krim, krim keju, mentega, dan es krim. Sebagai penggantinya, kamu bisa menggantinya dengan alpukat dan santan yang kadar lemak baik jauh lebih besar.

4. Goreng-gorengan

Makanan yang digoreng juga bisa memicu diabetes, terutama yang mengandung karbohidrat seperti kentang dan tepung. Dibandingkan ayam goreng, kentang yang digoreng justru lebih besar meningkatkan gula darah.

5. Daging merah dan olahan

Penelitian menunjukkan bahwa daging merah dan olahan, terutama natrium, bisa meningkatkan risiko diabetes dengan menyebabkan resistensi insulin. Nitrat yang ada di dalam daging olahan bisa berdampak negatif pada pankreas, yang membuat gula menjadi bahan bakar tubuh.

Efeknya, diabetes sangat mungkin terjadi. Untuk mencegahnya, hindari konsumsi olahan dan potongan daging tertentu, seperti sirloin. Ganti dengan protein yang jauh dari lemak, misalnya ayam tanpa kulit, kalkun, dan ikan.



Simak Video "Penyandang Diabetes Tetap Aman Pergi ke RS saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)