Jumat, 17 Apr 2020 20:00 WIB

8 Tips Cegah Mata Lelah Akibat Menatap Layar Terlalu Lama Selama WFH

Ayunda Septiani - detikHealth
makanan selama wfh Foto: istimewa
Jakarta -

Wabah virus Corona COVID-19 yang belum mereda membuat aktivitas pekerjaan atau work from home (WFH) masih berlangsung selama beberapa waktu ke depan, demi pencegahan penularan COVID-19.

Meskipun banyak yang menikmati manfaat bekerja dari rumah, tapi tidak sedikit juga yang merasa lelah lantaran kebosanan akibat pembatasan sosial skala besar atau physical distancing yang membuat kita harus tetap di rumah saja.

Beragam faktor yang bisa membuat rasa lelah timbul khususnya bagian mata saat bekerja dari rumah, seperti menatap layar komputer atau ponsel terlalu lama. Hal ini menyebabkan mata lelah dan bermasalah, seperti kering, gatal, sakit kepala, atau mata merah.

Dikutip dari laman Boldsky, berikut beberapa tips yang bisa mencegah mata lelah akibat terlalu lama menatap layar saat WFH.

1. Beristirahat

Bekerja secara terus menerus selama berjam-jam bisa menyebabkan sakit pada bagian mata, leher, dan bahu. Untuk mengatasinya, mengambil istirahat pendek tetapi sering menjadi cara terbaik.

Istirahatlah sekitar 4-5 menit di sela pekerjaan untuk membuat mata terasa lebih rileks dan mengurangi ketidaknyamanan. Kondisi ini juga bisa meningkatkan produktivitas kerja dan nantinya akan terasa lebih fokus kembali dalam mengerjakan tugas.

2. Sesuaikan pencahayaan

Pencahayaan yang tepat di dalam ruang kerja sangat penting dan berpengaruh dalam mengurangi ketegangan mata. Jika cahaya yang masuk berlebihan, maka mata akan menjadi sakit. Untuk itu sangat penting bekerja di lingkungan yang pencahayaannya seimbang.

3. Posisikan layar

Pastikan untuk menyesuaikan layar komputer atau laptop dengan cara yang benar saat bekerja di rumah. Tempatkan perangkat tersebut sedikit di bawah, sekitar 30 derajat setinggi mata.

Hal ini mampu mengurangi stres pada mata dan mencegah agar leher dan bahu tidak menekuk, sehingga nantinya tidak merasakan sakit saat bekerja.

4. Gunakan layar anti silau

Layar anti silau yang ada pada laptop dan komputer membantu mengontrol cahaya ekstra yang jatuh di atasnya. Namun saat bekerja di rumah, filter ini bisa menyebabkan mata tegang bila tak dipasang di layar komputer. Sebenarnya filter ini tidak diperlukan saat di tempat kerja karena pencahayaannya dapat disesuaikan.

Namun saat bekerja di rumah, filter ini bisa menyebabkan mata tegang bila tak dipasang di layar komputer. Untuk mencegah silau, disarankan menggunakan tirai agar mengurangi sinar matahari di ruangan atau menggunakan lampu redup.

5. Sering berkedip

Sering berkedip mampu membantu melembabkan mata dan menghindari gejala mata kering. Sekitar sepertiga orang sering lupa berkedip saat bekerja dalam waktu berjam-jam.

Kondisi tersebut tentu menyebabkan masalah mata seperti kering, gatal, dan penglihatan berfluktuasi. Dianjurkan untuk membiasakan berkedip sekitar 10-20 kali setiap menit guna mengurangi ketegangan mata.

6. Gunakan kacamata

Ketegangan mata lebih lama bisa menyebabkan masalah seperti lesi mata atau katarak. Inilah sebabnya, mengurangi ketegangan pada mata sangat penting untuk melindungi kesehatan mata.

Mengenakan kacamata yang ditentukan saat bekerja membantu untuk melihat layar tanpa memiringkan kepala ke belakang. Ini membantu untuk melihat dengan nyaman terutama jika memiliki rabun jauh dan rabun dekat.

7. Ubah ukuran font

Ukuran font yang lebih besar cenderung mengurangi ketegangan mata ketika bekerja. Apabila ukurannya lebih besar, orang tersebut tentu harus fokus pada layar untuk melihat apapun dan secara otomatis akan mengurangi ketegangan.

Sesuaikan ukuran font, khususnya saat membaca dokumen yang panjang. Kombinasi font berwarna hitam pada layar putih juga memberikan kenyamanan terbaik saat bekerja.

8. Jangan terlalu dekat mata

Orang yang memegang perangkat digital dekat dengan mata mereka berisiko lebih besar mengalami ketegangan mata. Tidak masalah Anda bekerja pada laptop layar kecil atau melihat layar ponsel, selalu pegang perangkat sejauh 50-100 cm dari mata. Jika layar lebih kecil, tambah ukuran font untuk tampilan yang lebih baik.



Simak Video "Gangguan Kesehatan yang Rentan Terjadi saat 'WFH'"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)