Sabtu, 18 Apr 2020 11:53 WIB

Cara Pakai Sarung Tangan yang Benar Agar Terhindar Virus Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Close-up view of hands in rubber gloves pushing shopping carts in front of supermarket. Hati-hati pakai sarung tangan agar tak terinfeksi virus Corona. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Kerkez)
Jakarta -

Seorang ahli spesialis penyakit menular di Virginia Commonwealth University, Dr Mary E Schmidt, mengatakan bahwa menggunakan sarung tangan lateks sembarangan malah berpotensi terinfeksi virus Corona COVID-19. Alasannya karena kadang rasa aman membuat sebagian orang jadi sering menyentuh wajah dan masker.

"Orang-orang berpikir mereka terlindungi, lalu menggunakan sarung tangan untuk menyentuh diri sendiri atau wajah" kata dr Mary seperti dikutip dari CNBC.

"Begitu sarung tangan itu terkontaminasi, risikonya sama saja seperti menyentuh dengan tangan telanjang," lanjutnya

Bagaimana cara menggunakan sarung tangan yang benar agar terhindar dari infeksi virus Corona?

Schmidt mengatakan, setelah menggunakan sarung tangan jangan menyentuh barang-barang seperti ponsel, dompet, tas, masker, dan permukaan wajah. Tindakan itu bisa mencemari diri sendiri dengan virus yang mungkin menempel pada sarung tangan.

Sering juga terjadi kontaminasi silang saat memakai dan melepas sarung tangan. Untuk itu, sebelum menggunakan sarung tangan pastikan sudah mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer.

Pastikan juga sarung tangan dalam keadaan baik, tidak robek, kotor, dan berubah warna terutama pada sarung tangan lateks. Tarik sarung tangan sampai ke pergelangan.

Untuk membukanya, lepas sarung tangan dari dalam ke luar untuk menghindari kontaminasi virus di permukaan luarnya dengan hati-hati. Setelah itu, sarung tangan harus langsung dibuang jangan disimpan lagi.

"Gunakan sarung tangan untuk sekali pakai. Banyak orang yang membawanya pulang dan mencucinya, itu agak berbahaya dan bisa saja menyebarkan virus pada permukaan lain," jelasnya.



Simak Video "Usai Vaksinasi Covid-19, Siswa SD di Parepare Dihadiahi Snack"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)