Sabtu, 18 Apr 2020 18:10 WIB

Kemenkes Tegaskan Pasien Corona yang Sembuh Tidak Bisa Menular Lagi

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Seorang pasien positif COVID-19 (kedua kiri) yang dinyatakan sembuh bersiap menaiki mobil ambulan saat pemulangan  di Rumah Sakit Zainal Abidin, Banda Aceh, Senin, 13/4/2020). Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Aceh menyatakan hingga saat ini tercatat sebanyak lima pasien yang sebelumnya dinyatakan positif COVID-19, empat orang  di antaranya sembuh sudah dipulangkan dan seorang pasien lainnya meninggal, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 60 orang masih dirawat di sejumlah rumah sakit provinsi Aceh. ANTARA FOTO/Ampelsa/hp. Seorang pasien corona yang sudah dinyatakan sembuh keluar dari rumah sakit di Aceh. (Foto: ANTARA FOTO/AMPELSA)
Jakarta -

Pemerintah telah mengumumkan jumlah kasus positif virus Corona COVID-19 di Indonesia pada Sabtu (18/4/2020) sudah mencapai 6.248 kasus. 631 di antaranya sudah dinyatakan sembuh dari virus Corona tersebut.

Dalam hal ini, Kementerian Kesehatan lewat juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona COVID-19 Achmad Yurianto menegaskan bahwa pasien yang sudah sembuh tidak akan menularkan penyakitnya lagi.

"Kami mohon kepada masyarakat untuk paham betul, bahwa pasien-pasien COVID-19 yang sudah sembuh, mereka sudah tidak akan menularkan penyakitnya lagi," jelasnya dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Sabtu (18/4/2020).

Yuri mengatakan, seseorang dapat dikatakan pasien sembuh corona itu sudah berdasarkan dengan persyaratan yang ada. Virus di dalam tubuhnya benar-benar dipastikan negatif.

"Karena persyaratan sembuh diyakinkan bahwa dia (virus) sudah negatif di dalam tubuhnya," lanjutnya.



Simak Video "Cara Mudah Bantu 'Memulihkan' Dunia dari Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)