Senin, 20 Apr 2020 04:30 WIB

Catat Nih, Ragam Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Yudistira Imandiar - detikHealth
kebiasaan makan Foto: istimewa
Jakarta -

Olahraga ringan, seperti push-up, sit-up, plank dapat dilakukan di rumah untuk menjaga kebugaran tubuh di tengah situasi pandemi COVID-19. Tidak perlu lama-lama, cukup olahraga 15-30 menit secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya pada tubuh.

Selepas berolahraga, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang tepat. Sebab, saat berolahraga banyak energi yang digunakan sehingga butuh isi ulang dengan mengonsumsi asupan yang baik.

Makanan atau minuman yang mengandung nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan lemak tak jenuh baik dikonsumsi setelah olahraga. Nutrisi tersebut merupakan komponen utama untuk memberikan energi tubuh.

Berikut ini bermacam jenis makanan yang mengandung nutrisi penting buat tubuh, dikutip dari Medical News Today.

1. Telur

Telur dapat memasok kebutuhan protein untuk tubuh. Konsumsi protein membantu menguatkan otot dan mencegah kehilangan massa otot setelah berolahraga. Mengonsumsi telur secara keseluruhan lebih baik dibandingkan hanya memakan bagian kuning atau putihnya saja.

2. Ubi

Karbohidrat mampu meningkatkan imun tubuh setelah berolahraga. Ubi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik, karena kandungan gulanya rendah.

3. Ikan tuna dan salmon

Sebuah riset dari Washington University School of Medicine memaparkan manfaat asam lemak omega-3 untuk pembentukan protein di otot, sekaligus memperbesar ukuran otot pada orang-orang usia muda. Asam lemak omega-3 dapat ditemukan pada ikan tuna dan salmon.

4. Air putih

Saat berolahraga, tubuh kehilangan cairan dan elektrolit. Maka dari itu, disarankan minum air putih sebelum dan setelah berolahraga untuk mencukupi hidrasi tubuh. Air juga berfungsi dalam proses metabolisme tubuh.

5. Sayur dan buah

Menu makanan ini sebaiknya tidak luput dikonsumsi secara rutin, termasuk setelah olahraga. Sayuran dan buah memberikan ragam vitamin dan mineral esensial yang diperlukan tubuh dalam mengolah nutrisi menjadi energi.

Itu dia beberapa makanan yang baik dikonsumsi setelah berolahraga. Selama menjalani physical distancing, kamu bisa memperoleh bahan-bahan makanan tersebut tanpa keluar rumah dengan menggunakan layanan Grab Groceries.

Pemesanan bisa dilakukan di menu Groceries pada aplikasi Grab, lalu pilih swalayan dan bahan-bahan makanan yang ingin dibeli, lalu bayar pesanan. Mitra pengemudi Grab akan mengantarkan pesanan langsung ke lokasi konsumen.



Simak Video "Olahraga Pakai Masker, Ini Tipsnya Supaya Aman dan Nyaman"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)