Senin, 20 Apr 2020 08:20 WIB

Benarkah Virus Corona Menyerang Testis Pria?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Male suffering with pain in the urogenital system. Disease for men. The concept of protection of sexually transmitted infections. Seorang pria terinfeksi virus Corona COVID-19 dengan keluhan nyeri testis (Foto: iStock)
Jakarta -

Meski lebih dikenal sebagai infeksi yang menyerang pernapasan, virus Corona COVID-19 juga menyerang organ tubuh lainnya. Benarkah testis termasuk di antaranya?

Sebuah penelitian awal mengungkap kaitan virus Corona dengan organ reproduksi pria tersebut. Dikatakan, testis membuat pria lebih lama sembuh dari infeksi virus Corona.

Saat masuk ke dalam tubuh, virus Corona terhubung dengan protein yang disebut Angiotensin Converting Enzume 2 atau ACE2. Protein yang sama ditemukan di paru, jantung, usus, dan juga dalam jumlah banyak di testis.

Data menunjukkan infeksi virus Corona lebih banyak menyerang pria dengan dampak yang cenderung lebih parah dibanding pada wanita. Di Inggris misalnya, kematian pada pria 2 kali lipat lebih banyak dibanding pada wanita.

Riset awal yang belum peer reviewed tersebut dilakukan oleh Dr Aditi Shastri, ahlo onkologi dari Montefiore Medical Center, dan ibunya, Jayanthi Shastri, ahli mikrobiologi dari Kasturba Hospital for Infectious Diseases di Mumbai.

"Pria umumnya lebih buruk dibanding wanita soal imunologi, kemungkinan karena cuma punya satu kromosom X, dan saya pikir ketidakseimbangan ini sepertinya berada di belakang perbedaan yang terlihat," kata Ian Jones dari University of Reading, mengomentari penelitian tersebut, dikutip dari The Sun.



Simak Video "WHO Kunjungi China Pekan Ini untuk Telusuri Asal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/fds)