Senin, 20 Apr 2020 08:40 WIB

Ahli Sebut Penciuman Anjing Dapat Lacak Virus Corona Pada Manusia

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
Anak anjing sedang melompat-lompat di atas lapangan rumput. Anjing disebut bisa mengendus infeksi virus corona. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Kepala Departemen Pengendalian Penyakit dari London School of Hygiene and Tropical Medicine (LSHTM), James Logan, menyebut anjing dapat membantu dalam penanganan virus Corona COVID-19. Nantinya anjing akan dilatih agar dapat melakukan pengujian virus Corona kepada orang tanpa gejala.

"Kita tahu penyakit memiliki bau, termasuk penyakit pernapasan seperti influenza. Ada kemungkinan COVID-19 juga memiliki bau tertentu dan jika itu benar, saya sangat yakin anjing dapat mempelajarinya dan membantu mendeteksinya," kata James seperti dikutip New York Post.

Anjing memiliki indera penciuman yang sangat tajam dan mampu mengendus banyak hal, salah satunya penyakit. Anjing dapat digunakan untuk mendiagnosis berbagai kondisi medis pada manusia di antaranya malaria, diabetes, hingga kanker.

Sebelumnya LSHTM melatih anjing jenis labrador dan cocker spaniel untuk mendeteksi malaria dengan cara mengendus dan mendapatkan hasil yang maksimal.

"Sebelumnya anjing dapat mendeteksi bau dari manusia dengan infeksi malaria dengan akurasi yang sangat tinggi. Bahkan di atas standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam hal diagnostik," lanjutnya.

Saat ini LSHTM telah melakukan persiapan untuk melatih anjing secara intensif dan dapat diketahui hasilnya dalam enam minggu. Jika proyek ini berhasil, anjing dapat membantu pemeriksaan virus Corona melalui penciumannya.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)