Senin, 20 Apr 2020 09:26 WIB

Ibunda Nunung Meninggal karena Kanker Lidah, Ini Faktor Risikonya

Firdaus Anwar - detikHealth
Tri Retno Prayudati alias Nunung Srimulat Ibunda Nunung meninggal dunia. (Foto: Screenshoot 20detik)
Jakarta -

Ibunda dari komedian Nunung dilaporkan meninggal dunia pada hari Minggu (19/4/2020). Selama ini sang ibunda dirawat di rumah sakit karena penyakit kanker lidah.

"Iya betul (meninggal) pukul 14:00 di kediaman di Solo," kata putra Nunung, Bagus Permadi, lewat pesan singkat.

Dikutip dari WebMD, kanker lidah biasanya bisa dibedakan menjadi dua jenis. Pertama kanker yang mudah terlihat karena berada di bagian lidah sekitar rongga mulut dan kedua kanker yang berada di pangkal lidah dekat tenggorokan.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kanker lidah mulai dari infeksi virus hingga kebiasaan malas gosok gigi. Berikut penjelasannya:

1. Infeksi HPV

Infeksi dari human papillomavirus (HPV) diketahui bisa menyebabkan timbulnya kanker lidah. Virus yang sama juga dikenal dapat menyebabkan kanker serviks bila menginfeksi organ intim wanita.

2. Merokok

Merokok jadi salah satu faktor yang disebut-sebut bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker secara umum. Termasuk salah satunya kanker lidah.

3. Konsumsi minuman beralkohol

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol bersamaan dengan merokok disebut oleh satu studi dalam jurnal Alcohol 2005 bertanggung jawab terhadap sekitar 75 persen kasus kanker pada bagian saluran napas dan pencernaan atas.

"Penyebabnya kemungkinan karena alkohol dapat mempengaruhi kemampuan sel berkembang lewat jalur intraseluler dan interselular," tulis peneliti.

4. Jarang bersihkan gigi dan gusi

Studi di jurnal Cancer menemukan orang-orang yang memiliki tingkat kebersihan rongga mulut buruk lebih berisiko mengalami infeksi oral. Peneliti menemukan tingkat infeksi HPV yang bisa menimbulkan kanker lidah lebih banyak ditemukan pada orang yang kebersihan rongga mulutnya "buruk".

5. Genetik

Sama seperti kasus-kasus kanker lain, para ahli menyebut kemungkinan ada faktor genetik yang turut berperan dalam kemunculan penyakit kanker lidah pada beberapa orang.

Mereka yang di dalam keluarganya punya kerabat yang mengidap kanker kemungkinan juga akan lebih berisiko.



Simak Video "Seperti Feby Febiola, Ini Penyebab Rambut Rontok saat Kemoterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)