Senin, 20 Apr 2020 12:18 WIB

Heboh Video Luna Maya, Dokter Hewan Diimbau Tak Bikin Resah Soal Corona

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Luna Maya saat pemotretan untuk Luna Habits Video perbincangan Luna Maya dengan seorang dokter hewan jadi perbincangan hangat belakangan ini (Foto: Ismail/detikHOT)
Jakarta -

Video perbincangan Luna Maya dengan seorang dokter hewan, Moh Indro Cahyono, bikin heboh belakangan ini. Dikatakan, virus Corona COVID-19 tidak seganas yang dibicarakan dan tidak mematikan.

Tak lama berselang, beredar pernyataan Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI) yang mengimbau anggota untuk berhati-hati dalam membuat pernyataan. Pernyataan ini termuat dalam surat berlabel 'Excecutive Note'.

"Kami mengharapkan kepada dokter hewan ini pertama mendukung program pemerintah. Kemudian kedua, tidak memberikan statement yang sifatnya membuat bingung masyarakat dan tidak membuat galau masyarakat," jelas Ketua PB PDHI, drh H M Munawaroh, MM.

Berikut ini kutipan 'Executive Note' dari Ketua Umum PB PDHI tentang virus Corona kepada para dokter hewan di seluruh Indonesia:

Kami mengharapkan kepada dokter hewan ini pertama mendukung program pemerintah. Kemudian kedua, tidak memberikan statement yang sifatnya membuat bingung masyarakat dan tidak membuat galau masyarakatdrh H M Munawaroh, MM - Ketum PB PDHI

Executive Note

drh H M Munawaroh, MM

Ketua Umum PB PDHI

Dear Para Kolega Dokter Hewan di Indonesia.

PDHI menyampaikan pesan kepada seluruh Kolega

Dimasa pandemi covid 19 ini bila menyampaikan pendapat di media sosial yang berkaitan dengan Covid 19 supaya hati-hati agar tidak membuat resah dan membuat bingung masyarakat karena ini bukan ranah Dokter Hewan meskipun kita ada pemahaman.

Kita sebagai Dokter Hewan harus bisa mendukung dan menghargai profesi Dokter Manusia yang telah berjibaku menangani pasien covid 19 di Rumah Sakit.

Mari kita dukung program pemerintah dengan menyampaikan pesan yang bijak sesuai yang disampaikan oleh pemerintah yaitu :

  1. Lakukan cuci tangan sesering mungkin
  2. Jaga jarak bila bertemu dengan orang minimal 1 sampai 2 meter.
  3. Jangan berkumpul lebih dari 5 orang.
  4. Gunakan masker bila keluar rumah.
  5. Tidak keluar rumah bila tidak ada yang penting.
  6. Bantu sosialisasi ke masyarakat.

Kita yakin bahwa pandemi covid 19 pasti akan segera berakhir dan pasti ada hikmah dibalik pandemi ini. Semoga kita selalu sehat dan terhindar dari infeksi covid-19.



Simak Video "Percepat Target Vaksin COVID-19, WHO: Butuh Dana Rp 449 T"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)