Senin, 20 Apr 2020 14:08 WIB

Video Luna Maya Soal Corona Viral, Ini Tanggapan Perhimpunan Dokter Hewan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Luna Maya Luna Maya (Foto: Ismail/detikHOT)
Jakarta -

Video perbincangan antara artis Luna Maya dan seorang dokter hewan bernama drh Moh Indro Cahyono, viral di media sosial. Dalam video tersebut, drh Indro menyebut bahwa virus Corona COVID-19 sebenarnya tidak seganas dan mematikan seperti yang selama ini dibicarakan.

Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI), drh H M Munawaroh, MM, menegaskan apa yang disampaikan oleh drh Indro adalah pendapat pribadi dan bukan pernyataan resmi dari PDHI.

"Karena prinsipnya statement resmi itu harus dari PDHI sendiri apabila itu mewakili organisasi. Kalau masing-masing mau bicara itu opini pribadi, jadi saya tidak bisa menutup kan sekarang zamannya orang boleh berbicara," kata drh Munawaroh kepada detikcom, Senin (20/4/2020).

"Tapi saya sebagai ketua perhimpunan menyampaikan itu bukan pendapat organisasi, tapi pendapat pribadi dan itu yang perlu diketahui oleh masyarakat. Kemudian masyarakat silahkan Anda memilih, kalau memang itu dianggap benar silahkan diikuti, kalau tidak ya tidak usah diikuti," lanjutnya.

drh Munawaroh juga mengimbau kepada para dokter hewan di seluruh Indonesia untuk mendukung segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan kedokteran di bidang lainnya terkait penanganan virus Corona. Dokter hewan juga diimbau untuk tidak membuat pernyataan yang sifatnya membuat bingung masyarakat.

"Bahu-membahu dengan kedokteran manusia. Karena yang mempunyai tugas dan kewajiban ini adalah kedokteran manusia. Sementara kedokteran hewan harus tetap mendukung apa yang dilakukan," pungkasnya.



Simak Video "Isu Konspirasi Jadi Ganjalan Relawan Saat Informasikan soal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)