Selasa, 21 Apr 2020 10:35 WIB

Sembuh dari Virus Corona, Kulit Dua Dokter Ini Menghitam

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Detail of coronavirus test tubes Virus Corona COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -

Pandemi virus Corona COVID-19 sampai saat ini masih menghantui berbagai negara di dunia. Berbagai macam gejala pun muncul, mulai dari demam, gatal, hingga kram otot.

Pasca sembuh pun pasien bisa mengalami efek jangka panjang yang terjadi pada sistem pernapasan dan beberapa organ tubuh lainnya. Tetapi, kasus yang dialami dua dokter asal China ini sangat berbeda.

Dr Yi Fan dan Dr Hu Weifah, keduanya berusia 42 tahun dan didiagnosis positif virus Corona pada hari yang sama yaitu 18 Januari lalu. Dikutip dari Daily Star, karena kondisi yang kritis membuat keduanya harus dirawat di rumah sakit selama beberapa minggu.

Namun, setelah keadaannya membaik kulit mereka berubah menghitam. Menurut Dr Li Shusheng, dokter yang merawat mereka, kemungkinan perubahan warna kulit ini akibat dari efek beberapa obat yang digunakan untuk merawat mereka.

Ia pun masih belum bisa memastikan obat mana yang memberikan efek seperti itu. Tetapi, Dr Li berharap kulit mereka bisa kembali seperti semula setelah fungsi hati keduanya membaik.

Dr Yi merupakan ahli jantung yang pulih dari virus Corona dengan bantuan ventilator selama 39 hari. Meski sudah pulih, ia belum bisa berjalan jika tidak dibantu.

Sementara rekannya, Dr Hu mengalami perjuangan yang lebih sulit. Kesehatan mentalnya terganggu saat berjuang melawan virus tersebut, sehingga membutuhkan konseling untuk pemulihannya.



Simak Video "Punya Gejala Demam Tinggi, Ini Beda DBD dan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)