Selasa, 21 Apr 2020 14:16 WIB

Diabetesi Hadapi Puasa di Tengah Pandemi COVID-19, Ini Tipsnya

Abu Ubaidillah - detikHealth
Diabetes Foto: shutterstock
Jakarta -

Menjelang puasa di tengah pandemi COVID-19, para penyandang diabetes harus benar-benar memperhatikan kadar gula darahnya. Sebab, diabetes merupakan salah satu kondisi yang paling rentan terinfeksi virus Corona.

Menurut International Diabetes Federation, penyandang diabetes lebih rentan terkena penyakit parah salah satunya adalah COVID-19. Hal tersebut disebabkan karena sistem kekebalan tubuhnya terganggu sehingga membuatnya sulit untuk melawan virus. Orang dengan risiko diabetes akan berpotensi lebih tinggi untuk terinfeksi virus dan bisa lebih sulit untuk diobati karena fluktuasi kadar glukosa darah dan mungkin karena adanya komplikasi diabetes.

"CDC (Centers for Disease Control) telah menentukan bahwa COVID-19 adalah ancaman kesehatan masyarakat yang serius, dan orang dewasa yang lebih tua dan orang-orang dengan kondisi medis kronis yang serius, termasuk diabetes, berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi," ujar Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita kepada detikHealth, Selasa (21/4/2020).

dr Adeline menambahkan, penyandang diabetes perlu memperhatikan asupan kalori harian sesuai dengan jumlah kebutuhan harian, perbanyak sayur dan buah, serta hindari gorengan dan makanan berlemak lainnya. Itu merupakan beberapa tips menghadapi puasa bagi penyandang diabetes.

Selain itu, dr Adeline menyarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu kira-kira 2 minggu sebelum berpuasa untuk memastikan apakah kadar gula darah terkontrol, tidak menggunakan suntik insulin lebih dari dua kali sehari, dan tidak mengalami keluhan kesehatan lainnya.

"Untuk kondisi yang diperbolehkan puasa oleh dokter setelah melakukan konsultasi, tetap harus perhatikan pola makan baik Jumlah, jadwal, dan jenis makanan yang dikonsumsi," lanjut dr Adeline.

Untuk asupan cairan, dr Adeline menyarankan asupan harian harus cukup dengan minimal mengonsumsi 8 gelas air dalam sehari. Berikut adalah pola makan sehat pada saat menjalani ibadah puasa Ramadan.

Foto: Dok Kalbe

Kemudian untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi COVID-19 selama berpuasa, perlu juga pengendalian kadar gula darah dengan nutrisi lengkap bagi diabetesi seperti karbohidrat lepas lambat, protein, omega 3, vitamin A, B, E, dan zinc.

Sebagai persiapan berpuasa, untuk menjaga kadar gula darah sebelum berpuasa dapat didukung dengan mengonsumsi Diabetasol. Diabetasol juga dapat dikonsumsi pada saat berpuasa, yakni ketika berbuka dan sahur.

Diabetasol memiliki kandungan karbohidrat lepas lambat, tinggi serat, protein, omega 3 dan vitamin (vitamin A,C,E) dan zinc untuk bantu jaga gula darah dan jaga daya tahan tubuh agar lancar puasanya.



Simak Video "Awas! Diabetes Mengintai Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)