Rabu, 22 Apr 2020 13:25 WIB

Curhat Dokter saat Gagal Sembuhkan Pasien Corona dengan Plasma Darah

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Virus corona: Dapatkah plasma darah jadi pengobatan sementara pasien Covid-19? Foto: BBC Magazine)
Jakarta -

Seorang dokter spesialis paru di California, Amerika Serikat, menceritakan pengalamannya saat menangani pasien Corona. Ia melakukan terapi donor plasma darah dari pasien sembuh Corona seperti yang berhasil dilakukan tenaga medis di China.

Dr George Yu melakukan terapi ini pada pasien bernama Dwight Everett berusia 65 tahun yang sudah dinyatakan sembuh dari Corona, dan Ron Shirley berusia 80 tahun, masih dalam perawatan medis.

"Ketika menyaksikan Ron menggunakan ventilator, di pikiranku adalah Dwight yang sudah sembuh," ungkapnya dikutip The Los Angeles Times pada Rabu (22/4/2020).

Pertama-tama ia mencocokkan golongan darah antara keduanya. Keduanya memiliki golongan darah yang sama. Everett sendiri diketahui sudah sembuh dari Corona selama 2 minggu dan tak keberatan mendonorkan plasma darahnya.

Ron saat itu dalam kondisi kritis dan dirawat di rumah sakit Pleasent Valley St John di Camarillo. dr George menyadari kalau ia tak punya waktu banyak untuk rangkaian pengobatan di rumah sakit yang cukup panjang.

Akhirnya setelah dilakukan transfusi plasma darah, Ron kondisinya sedikit membaik. Namun sayangnya virus Corona sudah terlanjur merusak beberapa organ tubuhnya sehingga ia dilaporkan meninggal pada 9 April lalu.

Semenjak kepergian Ron ini, plasma darah Everett digunakan untuk dua pasien Corona lainnya. Kemungkinan akan lebih banyak lagi penyintas Corona yang ingin menyumbangkan plasma darahnya.

"Kami melihat beberapa tanda yang menjanjikan dari transfusi plasma darah yang telah kami lakukan," kata Lynn Jeffers, kepala rumah sakit tersebut.

Meski transfusi plasma darah kali ini tak berhasil. Jeffers masih optimis bahwa terapi ini bisa bekerja pada pasien Corona lain dan menjadi obat potensial.



Simak Video "WHO Jelaskan Penyebab Kasus 'Florona' Bisa Terjadi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)