Rabu, 22 Apr 2020 18:24 WIB

Jaga Stamina, Ini Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat di Rumah

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Olahraga di rumah Foto: Shutterstock
Jakarta -

Di tengah pandemi virus Corona saat ini, sangat penting menjaga daya tahan tubuh dan stamina agar tak mudah sakit. Daya tahan tubuh kuat dan stamina yang prima bukan hanya penting bagi yang bekerja di lapangan saja, tetapi juga bagi mereka yang melakukan work from home (WFH).

"WFH kan artinya kerja dari rumah, jadi harus tetap bekerja seperti biasa, sesuai jam masuk, jam istirahat dan jam pulang kerja. Walaupun stay at home, dianjurkan untuk selalu melakukan aktivitas fisik juga," ujar Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin kepada detikHealth baru-baru ini.

Adapun stamina, menurut dr Helmin, menyangkut kemampuan untuk dapat melakukan aktivitas dari sisi kuantitas dan kualitas tetap bertahan sampai batas yang ditentukan. Sedangkan kekebalan tubuh lebih ditujukan pada ketahanan tubuh terhadap berbagai penyakit atau pun kuman sehingga tidak mudah sakit.

Salah satu upaya untuk meningkatkan stamina tubuh meski di rumah saja adalah dengan berolahraga. Jika stamina tubuh stabil, Anda pun dapat beraktivitas dengan optimal.

"Tidak diragukan lagi pentingnya melakukan olahraga, karena dapat membantu menurunkan berbagai jenis penyakit seperti penyakit tidak menular, (darah tinggi, dyslipidemia, penyakit jantung dan pembuluhdarah lainnya, menurunkan berat badan, dll) dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga juga menurunkan insiden penyakit infeksi," tambah dr Helmin.

Namun bagi yang melakukan WFH, memang terbatas untuk beraktivitas seperti berolahraga. Oleh karena itu, dr Helmin menyarankan agar jika tidak memungkinkan untuk jogging di luar, dapat melakukan virtual gym dengan tetap memperhatikan Formula FITT, suatu formula latihan yang meliputi pengaturan aspek-aspek seperti, Frekuensi, Intensitas, Tipe (macam latihan) dan Time (waktu latihan).

Sementara itu, menurut American Heart Association, latihan yang bisa dilakukan saat di rumah saja adalah aerobik. Jenis latihan yang termasuk intensitas sedang ini dapat menjaga kebugaran karena mencakup aktivitas yang meningkatkan pernapasan dan detak jantung. Saat latihan dilakukan, jantung dan paru-paru akan bekerja secara maksimal. Bila dilakukan secara rutin, fungsi jantung dan paru-paru akan meningkat.

Untuk aturan waktu, minimal olahraga dilakukan 150 menit per minggu minimal. Durasinya, bisa dibagi menjadi 50 menit tiap tiga kali seminggu, atau lima kali seminggu dengan durasi 30 menit.

Selain berolahraga, ada upaya lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh selama WFH, salah satunya adalah mengonsumsi suplemen vitamin. Salah satu suplemen tersebut adalah Fatigon Spirit yang dapat dikonsumsi sebelum berolahraga atau melakukan aktivitas. Sedangkan, setelah selesai beraktivitas seharian, konsumsi Fatigon Multivitamin kemasan Putih untuk kembalikan energimu dan siap kembali beraktivitas di hari baru.



Simak Video "Cara Atasi Nyeri Leher dan Lutut saat Work From Home"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)