Kamis, 23 Apr 2020 08:32 WIB

2 Kucing Ini Jadi Hewan Peliharaan Pertama yang Positif Corona di AS

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sudin KPKP Jakarta Barat menggelar sosialisasi dan memberikan vaksin gratis bagi pemilik hewan peliharaan. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran rabies. Ilustrasi kucing (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Dua kucing di New York menjadi hewan peliharaan pertama yang diketahui positif terinfeksi virus Corona COVID-19 di Amerika Serikat (AS). Kedua kucing itu memiliki gejala berupa masalah pernapasan ringan.

"Ini adalah hewan peliharaan pertama di Amerika Serikat yang dinyatakan positif," ucap seorang perwakilan dari Departemen Pertanian AS, dikutip dari CNN.

Meski kedua kucing itu telah dinyatakan positif, hingga kini belum ada bukti bahwa hewan peliharaan bisa menularkan virus Corona kepada manusia.

Hal ini dibuktikan ketika seorang dokter hewan melakukan pengujian pada kucing pertama setelah menunjukkan adanya tanda-tanda masalah pernapasan. Namun tidak ada satu pun orang di dalam rumah tersebut yang dikonfirmasi terinfeksi virus Corona.

Sementara itu pada kucing kedua di daerah terpisah di New York, yang juga terinfeksi virus Corona. Sang pemilik memang dinyatakan positif COVID-19, tetapi sebelum kucing itu sakit.

Meski begitu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS (CDC) menyarankan agar masyarakat yang memiliki hewan peliharaan untuk bisa lebih membatasi interaksi satu sama lain. Tak hanya itu, mereka juga juga mengatakan sebaiknya hindari mengajak hewan peliharaan ke tempat-tempat ramai untuk mengurangi risiko terjadinya penularan.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)