Kamis, 23 Apr 2020 13:32 WIB

Viral 3 Siswi SMA Buka Bra Saat Live IG, Tanda-tanda Ekshibisionisme?

Ayunda Septiani - detikHealth
Portrait surprised young girl from message on smartphone in brightly yellow sweater, isolate on a violet background Viral 3 siswi SMA buka bra saat live IG (Foto: Getty Images/iStockphoto/Anatoliy Sizov)
Jakarta -

Aparat Polres Pulang Pisau menangkap tiga siswi SMA yang membuat heboh dengan membuka pakaian dalamnya saat live Instagram (IG). Namun kasus ini ditangani oleh Polres Palangka Raya.

"Sudah kita kirimkan ke Polres Palangka Raya. Soalnya TKP di Palangka Raya," kata Kasat Reskrim Polres Pulang Pisau Iptu Jhon Digul Manra saat dimintai konfirmasi, Kamis (23/4/2020).

Veronica Adesla, seorang psikolog dari Personal Growth menjelaskan, dalam kasus ini perlu diperiksa lebih jauh untuk memastikan ada penyimpangan atau tidak. Terlepas dari hal itu, ada hal penting yang perlu dipahami dalam masa pubertas.

"Yang perlu dipahami bahwa dalam masa pubertas, di mana hormon seksual dan alat-alat reproduksi bertumbuh dan berkembang matang, terkait dengan munculnya dorongan seksual pada remaja," ujar Veronica saat dihubungi detikcom, Kamis (23/4/2020).

"Hal ini memunculkan tantangan bagi remaja untuk menumbuhkan kemampuan untuk dapat mengendalikan impuls dan dorongan tersebut agar tidak menjadi perilaku menyimpang yang tidak sesuai dengan norma sosial," tambahnya.

Veronika menjelaskan, kemampuan dalam mengendalikan dorongan impuls adalah dengan menggunakan dan memfokuskan energi yang dimiliki untuk melakukan berbagai aktivitas positif dan produktif yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Seperti contohnya bermain musik, bermain olahraga, membuat karya seni, membuat karya tulis, membuat video edukasi, atau video humor yang menghibur namun tetap memperhatikan etika dan sopan santun.

Dalam hal ini, Veronica juga menjelaskan, bahwa remaja yang sehat dan cerdas tidak boleh terjebak pada perilaku yang tidak beretika, bermoral, dan mempermalukan diri sendiri.

Remaja yang sehat dan cerdas adalah remaja yang aktif dan produktif berkreasi untuk memberikan kontribusi positif baik untuk diri sendiri, sekitar dan masyarakat.

"Yuk, sama-sama membangun generasi sehat dan cerdas," tutupnya.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)