Kamis, 23 Apr 2020 17:43 WIB

Saran Psikolog Jika Menemukan Aksi Ekshibisionisme di Medsos

Ayunda Septiani - detikHealth
Studio shot of brunette girl hiding eyes under hand while feeling ashamed. Caucasian young woman in white shirt covering face with hand. Human facial expressions and emotions Perilaku ekshibisionisme bisa muncul tanpa diduga (Foto: Getty Images/iStockphoto/Koldunov)
Jakarta -

Viral sebuah video 3 siswi SMA yang membuka pakaian dalamnya saat melangsungkan live di Instagram (IG). Tak bisa dipastikan apakah itu adalah aksi eksibisionisme, tapi yang jelas bisa meresahkan.

Dikutip dari Psychologytoday.com, ekshibisionisme dianggap sebagai gangguan paraphilic yang mengacu pada pola rangsangan seksual atipikal persisten dan intens disertai gangguan klinis yang signifikan.

Psikolog Veronica Adesla, dari Personal Growth mengatakan, terdapat sejumlah hal yang bisa dilakukan oleh seseorang, untuk menghindari perilaku menyimpang dari orang tersebut.

"Hindari orang tersebut, pergi ke tempat yang ramai dan datangi petugas keamanan untuk memberitahukannya," ujar Veronica saat dihubungi detikcom, Kamis (23/4/2020).

Veronika menjelaskan, jika ada yang melakukan aktivitas tersebut di media sosial, bisa dilaporkan karena hal ini bisa mengganggu kita.

"Kalau ada aktivitas tersebut lewat sosial media, seperti di akun Instagram (IG), yah jangan lanjut tonton dan laporkan di bagian IG. Ada di akun IG untuk kita melaporkan aktivitas yang mengganggu," tutupnya.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)