Jumat, 24 Apr 2020 18:28 WIB

Beragam Menu Buka Puasa yang Bisa Bantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
jenis-jenis kurma Kurma bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh. (Foto: iStock)
Jakarta -

Berpuasa di tengah pandemi virus Corona COVID-19 membuat kita harus lebih ekstra menjaga imunitas tubuh. Dengan imunitas yang baik, bisa mencegah virus Corona COVID-19 masuk ke dalam tubuh.

Untuk tetap bisa meningkatkan imunitas tubuh, ada beberapa makanan yang bisa membantu. Makanan-makanan ini bisa dikonsumsi saat berbuka agar imunitas tubuh kembali pulih.

Berikut ini beberapa makanan berbuka puasa yang bisa membantu meningkatkan imunitas yang dirangkum detikcom.

1. Teh hijau

Tidak seperti teh biasa, teh hijau cenderung mengandung lebih sedikit kafein. Teh ini ternyata bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dikutip dari Healthline, teh hijau mengandung flavonoid yang bisa mengurangi risiko masuk angin dan polifenol yang bertugas melawan infeksi virus serta penyakit lainnya. Polifenol dalam teh hijau juga mengandung asam amino L-theanine yang bisa membantu produksi senyawa pelawan kuman di sel T.

2. Pisang

Pisang adalah salah satu makanan yang sering ditemukan sebagai takjil berbuka puasa. Siapa sangka kalau buah berkulit kuning ini ternyata bisa membantu menjaga imunitas tubuh.

Buah ini mengandung vitamin B6 yang bisa membantu memperkuat imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Selain itu, pisang bisa membantu membentuk sel darah merah, memastikan sistem saraf berfungsi baik, dan membantu metabolisme protein dalam tubuh.

3. Jeruk dan kiwi

Buah-buahan lain yang bisa membantu menjaga imunitas tubuh adalah jeruk dan kiwi. Kedua buah ini mengandung vitamin C yang bisa mengurangi resiko gejala flu dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Perbanyak minum air putih atau teh hangat

Selain makanan, asupan cairan juga perlu dijaga terutama setelah seharian berpuasa. Saat tubuh terhidrasi dengan baik, bisa menjaga saluran pernapasan dan tenggorokan tetap bersih, serta membantu melawan penyakit.

Menurut pakar nutrisi Maxine Yeung, tidak semua minuman bisa menangkal penyakit. Apalagi jus dan minuman isotonik yang mengandung terlalu banyak gula.

"Air putih dan teh panas adalah minuman yang bagus untuk menghidrasi tubuh. Teh panas bisa memberikan kehangatan dan kenyamanan pada tenggorokan yang iritasi atau mengalami peradangan," jelasnya yang dikutip dari CNN.

5. Kurma

Kurma menjadi makanan yang wajib dikonsumsi saat berbuka puasa setelah air. Makanan ini memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan kekebalan tubuh.

Kurma mengandung senyawa sejenis antioksidan polifenol, yaitu tanin. Tanin ini bisa mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi imunitas pada tubuh dari berbagai penyakit.

baca juga



Simak Video "WHO Kunjungi China Pekan Ini untuk Telusuri Asal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)