Sabtu, 25 Apr 2020 04:05 WIB

Tips Menu Sahur dari Ahli Gizi Supaya Kuat Jalani Puasa

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
sahur Perbanyak asupan protein dan serat saat sahur. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ferozeea)
Jakarta -

Ketika ingin menjalani ibadah puasa, memilih menu makanan saat sahur sangat penting untuk dipertimbangkan. Karena faktanya jika sampai salah pilih, tubuh akan terasa lebih cepat lapar dan juga haus.

Ahli gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, mengatakan saat sahur sebaiknya hindari makanan atau minuman yang terlalu manis.

"Karena apa-apa yang terlalu manis itu kadar gulanya jadi cepat naik dan biasanya kita akan merasa cepat lapar nantinya. Jadi tetap protein dan seratnya harus cukup," kata dr Titi kepada detikcom dan ditulis Sabtu (25/4/2020).

"Saya malah biasanya kasih dua protein, misal ayam sama telur jadi dua macam. Kemudian tempe dan tahu, apalagi kalau pakai nasi merah itu lebih bagus. Jadi semua seratnya tinggi dan dicernanya juga lebih lama," lanjutnya.

dr Titi menyarankan untuk minum tiga gelas air putih saat sahur. Sebab, selain dapat memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh, ini juga bisa mencegah agar tak cepat haus saat berpuasa.

"Jadi bangun tidur satu gelas, habis makan satu gelas, menjelang imsak satu gelas. Jadi minumnya harus cukup," tuturnya.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)