Minggu, 26 Apr 2020 10:02 WIB

Infused Water Kurma Vs Kurma Kering, Mana yang Lebih Sehat?

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
Single cup of dates juice, a sugarless healthy drink, and some dried dates placed in wooden fiber tablecloth Infused water kurma banyak digemari selama bulan Ramadhan. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Infused water kurma atau biasa disebut air nabeez kerap digemari terlebih di bulan Ramadhan. Orang-orang mengklaim air nabeez bisa memiilki banyak manfaat kesehatan.

Untuk membuat air nabeez ini hanya membutuhkan kurma atau kismis dan segelas air matang. Beberapa butir kurma yang biasanya disarankan berjumlah ganjil dimasukkan ke dalam wadah tertutup dan ditambah dengan air.

Menurut ustad, dr Zaidul Akbar, air nabeez tidak ubahnya berkhasiat seperti kurma. Salah satu kandungan nutrisi dalam kurma adalah serat yang tidak larut sempurna (insoluble fiber) yang dapat melancarkan saluran pencernaan.

"Buat nabeez manfaatnya kaya makan kurma saja," katanya beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dr Heri Munajib dari Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PPNU) lebih menyarankan langsung mengonsumsi kurma tanpa direndam dalam air. Alasannya karena belum ada penelitian yang melihat lebih jauh air kurma baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

"Kalau saya pribadi lebih prefer langsung makan kurmanya karena memang secara penelitian itu kan banyak kandungan zat gizinya dan mineral yang memang sangat kita butuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh," kata dr Heri.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)