Minggu, 26 Apr 2020 17:47 WIB

7 Manfaat Konsumsi Kurma Bagi Tubuh Saat Berbuka Puasa

Anjar Mahardhika - detikHealth
kurma 7 manfaat kurma yang dikonsumsi saat berbuka puasa. (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta -

Memasuki Ramadhan, salah satu makanan yang identik dengan bulan ini adalah kurma. Tak hanya lezat, kurma ternyata mengandung banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kurma diketahui kaya akan gizi dan nutrisi. Selain itu kurma juga mengandung sejumlah vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit.

Berikut 7 manfaat kurma yang baik untuk kesehatan, dikutip dari Healthline:

1. Bergizi

Kurma merupakan buah yang kaya akan gizi. Buah ini mengandung beberapa vitamin, salah satunya B6. Selain itu kurma juga mengandung mineral, serat dan juga antioksidan yang baik untuk tubuh.

2. Kaya akan serat

Kurma mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Satu kurma diketahui mengandung tujuh gram serat. Kandungan serat dalam kurma dapat bermanfaat mencegah sembelit, serta melancarkan buang air besar (BAB).

3. Tinggi kandungan antioksidan

Dibandingkan buah lain, kurma mengandung beberapa jenis antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari penyakit. Tiga jenis antioksidan yang terdapat di dalam kurma, di antanya flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Ketiganya diyakini dapat menangkal dan mengurangi penyakit kronis, seperti diabetes, alzheimer, jantung, kanker hingga diabetes.

4. Cegah penyakit alzheimer

Sebuah studi menemukan bahwa kurma bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin (IL-6) di otak. Kandungan flavonoid pada kurma ini dikenal dapat meningkatkan kesehatan pada otak dan mengurangi peradangan serta mencegah penyakit alzheimer.

5. Membantu persalinan pada wanita

Mengkonsumsi kurma pada masa kehamilan dapat meningkatkan dilatasi serviks dan membantu persalinan pada wanita. Kurma mengandung tanin, senyawa yang terbukti membantu memfasilitasi wanita saat mulai kontraksi dan membantu persalinan.

6. Pemanis alami yang baik

Kurma mengandung fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Rasa manis dalam kurma dapat menjadi pemanis alami yang sehat dibandingkan gula putih.

7. Tingkatkan kesehatan tulang

Kandungan beberapa mineral dalam kurma, seperti fosfor, kalium, kalsium dan magnesium dapat meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan ini bermanfaat dapat mencegah osteoporosis pada tulang.



Simak Video "Cara Bikin Camilan Sehat Bumil untuk Kurangi Morning Sickness "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)