Senin, 27 Apr 2020 09:31 WIB

Wuhan, Kota Pertama Kali Virus Mewabah Kini Diklaim Bebas Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kebijakan lockdown di kawasan Wuhan berakhir pada 8 April 2020. Area transportasi seperti stasiun hingga bandara di wilayah itu pun kembali ramai oleh penumpang. Wuhan, kota pertama kali mewabah virus Corona nyatakan bebas dari Corona. (Foto: AP Photo/Ng Han Guan)
Jakarta -

Kota Wuhan, tempat pertama kali Corona mewabah kini diklaim bebas Corona usai pasien Corona terakhir di sana dipulangkan pada hari Minggu. Sebelumnya Wuhan mengalami masa pandemi Corona yang buruk selama 4 bulan sejak akhir Desember 2019.

Puncak kasus Corona di Wuhan sendiri terjadi pada 18 Februari di mana Wuhan melaporkan hampir 10 ribu orang dari 38.020 terinfeksi Corona dalam keadaan kritis.

"Dengan upaya bersama Wuhan dan bantuan medis nasional yang diberikan kepada provinsi Hubei, semua kasus COVID-19 di Wuhan diselesaikan pada 26 April," kata Mi Feng, juru bicara Komisi Kesehatan Nasional mengatakan pada Minggu sore.

Pengumuman itu datang hanya satu hari setelah Wuhan menyatakan pasien Corona terakhir yang sebelumnya dalam kondisi parah sembuh. Pasien itu juga merupakan kasus parah terakhir di provinsi Hubei.

Pasien terakhir keluar dari Wuhan Chest Hospital adalah seorang pria berusia 77 tahun bermarga Ding. Ia sudah dua kali dites negatif untuk SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19. Data ini dirilis pada hari Minggu kemarin.

"Aku sangat merindukan keluargaku!" ungkap Ding pada Changjing Daily, dikutip dari South China Morning Post, Senin (27/4/2020).

Wuhan menghadapi perjalanan panjangnya dalam menurunkan jumlah kasus Corona di sana hingga kini menjadi nol. Kota ini sebelumnya mulai dilockdown pada 23 Januari dan melarang siapa pun untuk masuk atau keluar kota tanpa persetujuan resmi selama 76 hari, hingga secara resmi dicabut pada 8 April lalu.



Simak Video "Lab Wuhan Terus Dikaitkan dengan Asal Corona, Apa Kata Tim WHO?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)