Senin, 27 Apr 2020 10:27 WIB

Ini 3 Sel Tubuh Manusia yang Paling Rentan Terinfeksi Virus Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pretty scientist studying new virus in laboratory Ada 3 tipe sel tubuh yang rentan terinfeksi virus Corona COVID-19 (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Para ilmuwan menemukan jenis sel tubuh yang paling rentan terinfeksi virus Corona COVID-19. Hal ini diketahui setelah mengidentifikasi sel berdasarkan jenis protein yang diproduksi sel tersebut.

Menurut para ilmuwan, virus penyebab COVID-19 yaitu SARS-CoV-2 menginfeksi jenis protein yang sama dengan virus SARS-CoV penyebab SARS. Dua protein itu, yakni reseptor yang disebut angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2) yang membantu virus menempel dengan sel dan enzim Tipe II transmembran serine protease (TMPRSS2) yang memediasi infeksi sel.

"Setelah kami menyadari bahwa peran protein ini telah dikonfirmasi secara biokimia, kami mulai menyelidiki sel mana yang mungkin menjadi target dari virus ini," kata ahli imunologi Jose Ordovas-Montanes dari RS Anak Boston yang dikutip dari Science Alert.

Para ilmuwan mulai mengumpulkan data RNA dan informasi ribuan jenis sel berbeda pada manusia, primata dan tikus. Tim peneliti juga mencari pola ekpresi gen pada tipe sel yang ada di paru-paru, saluran hidung, dan usus yang memang rentan menampung virus.

Hasilnya, tiga kandidat sel yang diduga menjadi target utama virus Corona, yaitu paru-paru yang disebut tipe II pneumocytes (yang membantu menjaga kantung udara bernama alveoli), sel-sel usus yang disebut enterocytes yang membantu tubuh menyerap nutrisi, dan sel piala di saluran hidung yang mengeluarkan lendir.

Ketiga sel ini dianalisis memiliki gen yang mengekspresikan ACE2 dan TMPRSS2. Menurut mereka, penelitian ini bisa membantu untuk menemukan obat antivirus untuk mengatasi pandemi ini.

Namun, tim peneliti juga menemukan hal yang cukup membingungkan. Interferon yang merupakan protein kekebalan tubuh, kemungkinan malah membantu virus agar menempel pada sel tubuh, tapi belum ada penjelasan yang pasti.



Simak Video "WHO Minta Tiap Negara Transparan soal Kasus COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)