Senin, 27 Apr 2020 11:33 WIB

2 Anak Cileungsi Diduga Kena Corona dari Baju Ayah, Ini Cara Mencuci yang Benar

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Full length shot of an attractive young woman doing her laundry at home Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Dua anak kakak-adik di Cileungsi, Bogor, positif virus Corona COVID-19. Mereka diduga tertular Corona dari baju sang ayah.

Menanggapi hal ini, pemerintah kembali mengingatkan masyarakat agar sehabis aktivitas di luar ruangan langsung mencuci dan mengganti pakaian mereka.

"Kalau pulang segera ganti baju, dicuci, berapa kali diomongin, masa diulang lagi, diulang lagi," Kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan percepatan COVID-19, Achmad Yurianto (Yuri) saat dihubungi, Minggu (26/4/2020).

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun sudah menganjurkan agar menjaga kebersihan dengan rutin mencuci pakaian yang sudah dipakai. Sebab virus Corona bisa bertahan selama berjam-jam pada permukaan yang terbuat dari kain atau bahan, seperti pakaian.

Dirangkum detikcom, berikut ini adalah cara mencuci pakaian dengan benar agar terhindar dari virus Corona.

1. Cuci dengan air panas

Carol Winner, seorang spesialis kesehatan masyarakat menyarankan untuk mencuci pakaian dengan air panas agar dapat membunuh virus, dan sebaiknya direndam terlebih dahulu sebelum dicuci.

Sementara itu menurut ahli penyakit menular, Dr Georgine Nanos, sebaiknya jangan gunakan air panas yang bersuhu terlalu tinggi karena itu bisa merusak pakaian.

"Tolong jangan rusak semua pakaianmu dengan merebusnya. Karena itu akan menambah beban pikiran dan kecemasan yang tidak kita perlukan saat ini," ucap Nanos.

2. Pakai deterjen mengandung pemutih

Rodney E Rohde, ketua dan profesor program ilmu laboratorium klinik di Texas State University, menyarankan agar memperhatikan deterjen yang akan digunakan untuk mencuci pakaian agar terhindar dari virus Corona.

"Saya sarankan cuci pakaian dengan deterjen yang mengandung senyawa pemutih. Virus tidak akan bekerja dengan baik di lingkungan yang keras ini," kata Rohde.

3. Pakai mesin cuci

Menurut Nanos, sebenarnya mencuci pakaian dengan menggunakan tangan masih diperbolehkan, karena yang terpenting adalah menggunakan suhu air di atas 26,6 derajat celsius. Namun ia menyarankan untuk menggunakan mesin cuci, karena dinilai lebih efektif dalam membunuh kuman dan virus.

4. Pisahkan pakaian orang yang sedang sakit

Menurut seorang praktisi kesehatan yang berbasis di New York, Dr Janette Nesheiwat, dalam mencegah penyebaran penyakit, sebaiknya pisahkan pakaian orang yang sedang sakit dan tidak.

"Yang terbaik adalah selalu mencuci pakaian orang sakit secara terpisah. Pakaian bisa membawa staph, Ecoli, flu, dan lain-lain," jelas Nesheiwat.



Simak Video "Alasan Orang Masih Menolak Tes Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)