Selasa, 28 Apr 2020 10:50 WIB

Maag Ternyata Bisa Diatasi dengan Cara Sederhana Ini

Abu Ubaidillah - detikHealth
Sakit mag Foto: shutterstock
Jakarta -

Masalah yang kerap muncul pada saat Ramadhan adalah maag pada lambung. Maag biasanya disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori. Penyebab umum lainnya antara lain stres, merokok, serta menggunakan obat anti-inflamasi seperti aspirin dan ibuprofen.

Menurut Medical Manager Divisi Kalbe Consumer Health PT Kalbe Farma TBK, dr Helmin Agustina Silalahi mengatakan, bagi penderita maag sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter apakah boleh atau tidak berpuasa karena jika dipaksakan, akibatnya bisa lebih parah.

"Penyakit fatal dapat terjadi jika sakit maag tidak ditata laksana dengan baik, karena gejala sakit maag dapat juga merupakan gejala dari suatu penyakit yang serius," ujar dr Helmin kepada detikHealth, Selasa (28/4/2020).

Bagi yang tidak mengalami maag, diperbolehkan puasa asal tetap menjaga kesehatan. Melansir dari Healthline, ada beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk menghindari maag. Makanan dan minuman yang baik ini dapat dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka, antara lain:

1. Jus kubis

Kubis merupakan obat maag alami yang populer. Antioksidan yang ada di dalam kandungan kubis terbukti membantu mencegah dan mengobati infeksi H. pylori. Biar lebih segar selama berpuasa, kubis dapat dijadikan jus yang menyegarkan.

2. Madu

Madu juga merupakan makanan yang kaya antioksidan dan dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, salah satunya adalah dapat membantu meredakan penyakit maag dengan sifat anti bakteri yang terdapat pada madu.

3. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan antibakteri yang dapat membantu secara signifikan mengurangi aktivitas bakteri di lapisan perut pasien yang menderita H. pylori.

Mengatasi maag sangat mudah hanya dengan cara mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung bahan tersebut saat sahur dan berbuka.
dr Helmin pun menyarankan hal-hal selain mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit maag, salah satunya adalah manajemen stres dengan baik.

"Hindari minuman bergas, alkohol, kurangi kopi/ coklat/teh, stop merokok, manajemen stres dengan baik," lanjut dr Helmin.

Selain itu, untuk mengatasi maag Anda dengan segera bisa mengonsumsi Promag. Obat pereda sakit maag ini bekerja lebih cepat dan melindungi lambung lebih lama karena mengandung hydrotalcite serta bahan aktif antasida untuk menetralkan asam lambung.

Namun jika tidak ada perbaikan gejala atau malah terjadi pemburukan segera ke dokter untuk memastikan penyebab dan menentukan terapi yang tepat.



Simak Video "Obat Maag Ranitidin Ditarik, BPOM Umumkan Daftar Obat Pengganti"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)