Selasa, 28 Apr 2020 14:08 WIB

Malaysia Sebut 70 Persen Kasus Impor Corona Berasal dari Indonesia

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
Otoritas Malaysia kembali memperpanjang penerapan lockdown untuk membatasi penyebaran virus Corona (COVID-19). Kemenkes Malaysia menyebut sebagian besar kasus impor virus Corona datang dari Indonesia. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Menurut data yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Malaysia, 70 persen kasus impor virus Corona COVID-19 negara tersebut berasal dari Indonesia.

Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah, mengatakan telah menerapkan karantina bagi warganya yang pulang dari luar negeri. Terdapat 139 orang yang dinyatakan positif virus Corona dari 12.672 setelah kembali dari luar negeri, 99 di antaranya baru pulang dari Indonesia.

Hisham kemudian menyebut kasus impor sisanya mereka yang pulang dari beberapa negara, di antaranya 14 orang dari Inggris, 13 dari Singapura, lima dari Turki, tiga dari Amerika Serikat serta sisanya satu masing-masing dari Thailand, Prancis, dan Bangladesh.

Dalam konferensi pers yang digelar di Putrajaya 26 April lalu, Hisham mengatakan Kementerian Kesehatan Malaysia telah melakukan berbagai cara dan metode untuk melacak warganya yang terinfeksi virus Corona.

"Sampai saat ini, dengan berbagai cara dan metode Kementerian Kesehatan telah berhasil melacak lebih banyak kasus COVID-19," ujar Hisham, seperti dilansir Malaysia Kini.

Hisham mengharapkan pemerintah Malaysia akan menemukan lebih banyak kasus positif yang akan terdeteksi dalam waktu dekat. Sementara itu mengutip Worldometers, pada Selasa (28/4/2020) kasus positif virus Corona di Malaysia berjumlah 5.820 yang 99 di antaranya meninggal dan 3.957 dinyatakan sembuh.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)