Selasa, 28 Apr 2020 18:19 WIB

Kemenkes Tetap Rekomendasikan Imunisasi di Tengah Pandemi Corona

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
Imunisasi Polio Kemenkes menyarankan orang tua tetap imunisasi anaknya. (Foto ilustrasi: Ari Saputra)
Jakarta -

Di tengah pandemi virus Corona COVID-19 Kementerian Kesehatan tetap merekomendasikan pelaksanaan imunisasi pada anak. Namun pelaksanaanya harus disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan, drg Vensya Sitohang, MEpid, mengatakan pelayanan imunisasi harus tetap berjalan di tengah pandemi dengan mengutamakan kebijakan pemerintah untuk tetap jaga jarak.

"pelayanan imunisasi harus tetap berjalan, tetapi dengan protokol-protokol pencegahan COVID-19 dengan social dan physical distancing pada waktu pelayanan imunisasinya dijalankan," ujar Vensya di webinar online, Selasa (28/4/2020).

Pelaksanaan imunisasi di tengah pandemi masih dapat dilakukan di fasilitas kesehatan, seperti posyandu dan puskesmas. Imunisasi penting karena dapat mencegah anak terkena penyakit mulai dari campak, polio, hingga hepatitis B.

"Karena ketika seorang anak tidak mendapatkan imunisasi lengkap kita bisa bayangkan anak tersebut akan mudah tertular penyakit, akan menderita sakit, bisa cacat, bahkan bisa meninggal dunia," lanjut Vensya.

Namun, apabila kondisi yang tidak memungkinkan membawa anak untuk imunisasi di tengah pandemi virus Corona. Orang tua diminta menyimpan catatan imunisasi atau buku kesehatan ibu dan anak (KIA). Setelah kondisi memungkinkan segera bawa anak untuk melakukan imunisasi dan jangan menundanya.



Simak Video "Brasil Mulai Uji Coba Vaksin COVID-19 Inggris untuk 2 Ribu Partisipan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)