Selasa, 28 Apr 2020 19:26 WIB

5 Cara Supaya Tak Malas Kerja Saat Work From Home

Ayunda Septiani - detikHealth
Busy Family Home With Mother Working As Father Prepares Meal Buat semangat kerja di rumah terjaga dengan beberapa cara. (Foto: Getty Images/iStockphoto/monkeybusinessimages)
Jakarta -

Tak bisa dipungkiri, kerja dari rumah alias work from home (WFH) begitu berbeda dengan bekerja saat di kantor. Tak jarang banyak distraksi yang mengganggu untuk fokus bekerja. Alhasil pekerjaan pun terpaksa disetop untuk sementara.

Dengan kebiasaan seperti itu, bukan tidak mungkin jika akhirnya pekerjaan jadi tertunda. Kembali melanjutkan pekerjaan bukan perkara mudah setelah distraksi muncul.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tidak malas bekerja saat WFH. Berikut 5 caranya seperti dilansir dari Pop Sugar:

1. Jangan menumpuk pekerjaan

Buat daftar tugas yang harus dikerjakan hari ini. Urut dari pekerjaan termudah hingga tersulit. Pekerjaan yang paling mudah sebaiknya dikerjakan sesegera mungkin.

Cara ini mungkin terlihat sederhana, tapi efeknya luar biasa. Pekerjaan jadi tak menumpuk terlalu banyak dan Anda siap menerima tugas lain.

2. Buat target atau deadline

Beri komitmen pada sederet pekerjaan dan laksanakan. Tulis deadline pekerjaan dan lengkapi dengan pengingat.

Anda juga bisa memberitahu orang-orang terdekat soal target pekerjaan yang telah ditetapkan. Cara ini akan membantu memompa semangat Anda untuk menyelesaikan pekerjaan.

3. Bangun lebih awal

WFH memang tak mengharuskan Anda untuk mandi dan sibuk merias diri. Namun, bukan berarti Anda bisa bebas bangun siang dan langsung bekerja.

Sebaiknya coba lah untuk tetap bangun pagi agar lebih produktif. Bangun lebih awal membuat persiapan kerja lebih maksimal.

4. Ciptakan tempat kerja yang nyaman

Tempat kerja menentukan produktivitas. Pilih sudut rumah yang nyaman dan cukup pencahayaan. Jika Anda biasanya bekerja di sudut yang itu-itu saja, coba sesekali ganti 'spot' kerja. Pemandangan baru bisa meningkatkan motivasi kerja.

5. Apresiasi diri

Beri apresiasi pada diri sendiri saat satu per satu target kecil tercapai. Berikan stimulasi pada otak dengan sesuatu yang membuat Anda senang.

Apresiasi ini tidak melulu soal hadiah istimewa. Apresiasi bisa berbentuk seperti, menonton satu episode serial drama favorit, atau tidur siang singkat.



Simak Video "Gangguan Kesehatan yang Rentan Terjadi saat 'WFH'"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)