Rabu, 29 Apr 2020 14:53 WIB

Dianggap Ampuh Tangkal Corona, Dua Pria Ini Tenggak Cairan Disinfektan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Intravenous therapy iv infusion set and bottle on a pole. Liquid saline is slowly dripping drops of drugs, medicine or antibiotic therapy and surgery recovery in a hospital or clinic. Keracunan disinfektan (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Dua pria asal Georgia dilaporkan meminum produk cairan pembersih yang digunakan sebagai disinfektan dan dianggap bisa menangkal virus Corona COVID-19. Berdasarkan rilis dari Georgia Poison Center, dua pria ini ternyata juga memiliki riwayat masalah kejiwaan dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Direktur Georgia Poison Center, Per Gaylord Lopez, mengatakan ia belum mengetahui apakah dua pria ini meminumnya karena terpengaruh 'saran' dari Presiden Trump atau tidak. Tetapi, sebelum 'saran' itu muncul pun dua warga Georgia lainnya juga sudah melakukan hal yang sama.

Mengutip dari Medical Daily, Lopez mengatakan sejauh ini sebagian kasus keracunan terjadi karena warganya yang membersihkan rumah dengan campuran produk kimia yang berbeda. Saat gas dari produk itu menguap, mereka langsung mengalami keracunan.

"Ketika kamu mencampur pemutih dengan jenis bahan kimia tertentu, reaksi yang terjadi bisa melepaskan gas beracun. Dan jika itu terhirup, bisa menyebabkan pneumonia kimia," jelas Lopez.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak yang lepas dari pengawasan orang tuanya juga tidak sengaja meminum cairan disinfektan tersebut.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyarankan injeksi disinfektan ke pasien virus Corona sebagai langkah untuk mengobati COVID-19. Ia menyebut injeksi disinfektan dapat membersihkan tubuh dari COVID-19.

"Saya melihat disinfektan bisa merobohkan virus Corona dalam hitungan menit. Hanya satu menit. Apakah kita bisa melakukan sesuatu terkait ini, seperti dengan menyuntikkan disinfektan ke dalam tubuh atau seperti membersihkan sesuatu?" kata Trump.



Simak Video "Dokter Paru: Bilik Disinfektan Bikin Batuk dan Sesak"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)