Rabu, 29 Apr 2020 17:44 WIB

Rutin Konsumsi Kurma Saat Berbuka, Ini Manfaatnya Bagi Tubuh

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi kurma Kurma sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa. (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Kurma jadi primadona saat bulan Ramadhan. Saat berbuka puasa, umat Muslim juga dianjurkan konsumsi kurma 2-3 butir per hari. Kandungan kurma yang manis bisa mengembalikan kadar gula darah yang sempat turun setelah seharian berpuasa.

Selain itu kurma juga kaya akan serat dan mengandung protein tinggi serta kalsium, magnesium, dan Vitamin B6 yang tentunya baik untuk tubuhmu.

Mengonsumsi kurma secara rutin terutama saat berbuka puasa akan memberikan manfaat ekstra. Berikut yang terjadi pada tubuh jika rutin mengonsumsi kurma dikutip dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Kurma mengandung selenium, magnesium, dan zinc yang semuanya penting untuk kesehatan tulang. Para ahli sepakat bahwa makan kurma secara rutin secara signifikan dapat mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan kalium pada kurma sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penyumbatan arteri penyebab stroke dan serangan jantung.

3. Tinggi antioksidan

Antioksidan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Antioksidan menargetkan molekul yang tidak stabil yang bereaksi pada senyawa dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Beberapa antioksidan yang ditemukan dalam kurma adalah flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik yang dapat membantu mengatasi diabetes, Alzheimer dan kanker.

4. Memperbaiki kulit

Kurma kaya akan vitamin C dan vitamin D yang bisa meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya lebih halus. Makan kurma secara teratur dapat membantu kulit terlihat lebih muda dan mencegah penumpukan melanin sehingga memerangi penuaan dini.

5. Terhindar dari kanker usus besar

Kurma dapat melancarkan sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Salah satu yang mendapatkan manfaatnya adalah usus besar sehingga mampu mengurangi risiko kanker usus besar.

Sebuah penelitian yang dilakukan Department of Food and Nutritional Sciences menemukan bahwa mengonsumsi kurma secara teratur dapat meningkatkan kesehatan usus besar karena kurma meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan sel kanker.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)