Rabu, 29 Apr 2020 18:36 WIB

Haruskah Bahan Makanan Dicuci Pakai Sabun Agar Bebas Virus Corona?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Tips cuci buah dan sayur Haruskah buah dan sayur dicuci agar bebas virus Corona? (Foto: iStock)
Jakarta -

Persediaan kebutuhan pokok seperti bahan makanan, buah, dan sayur perlu disiapkan selama menjalani puasa di tengah pandemi virus Corona. Tetapi untuk mencegah terjadinya penularan virus, apakah perlu mencuci bahan makanan dengan menggunakan sabun sebelum diolah?

Menurut ahli gizi komunitas dr Tan Shot Yen, hingga kini belum ada penelitian yang menyatakan bahan makanan bisa menjadi perantara penularan virus.

"Belum ada penelitian yang menyebut sayur dan buah atau belanjaan kalian itu sebagai media untuk penularan virus," kata dr Tan, Rabu (29/4/2020).

"Prinsipnya adalah justru sebelum dan sesudah kamu menyentuh makanan-makanan itu, kamu harus cuci tangan selama 20 detik dan mencucinya harus benar," lanjutnya.

dr Tan juga mengatakan jika bahan makanan dicuci menggunakan sabun atau antiseptik justru akan berbahaya bila tidak dicuci sampai bersih.

"Yang lebih bahayanya lagi adalah kalau mengolah makanan dengan segala cairan antiseptik dan sebagainya atau dengan sabun lalu itu tersisa di dalam makanan dan kalian makan, ya wasalam," tuturnya.



Simak Video "Ahli Jelaskan Alasan Puasa Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)