Kamis, 30 Apr 2020 13:13 WIB

Usia 5 Hari Sudah Positif Corona, Seberapa Besar Risiko Bayi Terinfeksi?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
bayi di dalam inkubator Ilustrasi bayi (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Tak hanya dewasa, beberapa bayi juga dilaporkan positif virus Corona. Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusomo (RSCM) Kiara sendiri menemukan bayi yang pertama kali terdeteksi di hari ke-5.

Dijelaskan dr Nina Dwi Putri, SpA(K), dokter spesialis kesehatan anak, bayi yang dirujuk ke RSCM biasanya dalam kondisi berat. Seperti mengidap gejala pneumonia yaitu sesak napas.

"Rujukan dari luar itu saat ini usianya mungkin hampir 2 minggu, dia pertama kali terdeteksi itu di 5 hari, itu bayi-bayi yang kecil, rata-rata datang dengan gejala pneumonia," ungkapnya saat ditemui detikcom di RSCM Kiara, Jakarta Pusat, Kamis, (30/4/2020).

Lalu sebenarnya seberapa berisiko bayi terkena Corona?

"Jadi sebenarnya risiko untuk tertular itu sama dengan dewasa, namun dari di luar itu kita bisa liat, gejala anak yang berat itu sedikit, mungkin karena tidak terlaporkan karena biasanya gejala anak itu ringan, sehingga tidak diperiksa," ungkapnya.

"Jadi nggak ketangkep dalam surveilans, tapi secara umum memang anak lebih rendah proporsinya, dan biasanya lebih ringan dibandingkan dengan dewasa, kecuali yang ada komorbid-nya," lanjutnya.



Simak Video "WHO Minta Tiap Negara Transparan soal Kasus COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)