Jumat, 01 Mei 2020 08:11 WIB

AS Laporkan Gejala Corona pada Anak Mirip Penyakit Kawasaki, Kondisi Apa Itu?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Kini anak-anak di Spanyol kembali diizinkan bermain di luar rumah. Sebelumnya mereka diminta tetap di rumah selama enam untuk menghindari wabah Corona (COVID-19). Anak yang alami COVID-19 disebut mengembangkan kondisi mirip penyakit kawasaki. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Rumah Sakit Nasional Anak di Washington DC, Amerika Serikat (AS), melaporkan beberapa anak yang positif virus Corona mengalami gejala seperti penyakit kawasaki. Penyakit ini merupakan sindrom peradangan langka yang biasanya menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Dikutip dari ABC News, beberapa gejala penyakit kawasaki adalah demam, ruam, mata memerah, pembengkakan pada kelenjar getah bening, tangan, dan kaki. Penyakit ini telah dikaitkan dengan COVID-19 pada beberapa anak, tetapi penyebabnya masih belum diketahui dengan pasti.

Kepala Divisi Perawatan Kritis di Rumah Sakit Nasional Anak, Michael Bell mengatakan sebanyak sepuluh anak yang dirawat di intensive care unit (ICU) mengalami peradangan parah, ini diketahui setelah dilakukannya tes darah. Penyakit kawasaki diketahui memang dapat menyebabkan peradangan pada dinding pembuluh darah di seluruh tubuh.

Sementara itu, seorang dokter penyakit menular anak di Rumah Sakit Cohen Children's Medical Center, Sunil Sood juga percaya bahwa ia melihat anak-anak yang terinfeksi virus Corona mengalami gejala seperti penyakit kawasaki.

"Yang mencolok bagi saya adalah ruam di kulit mereka." ucap Sood.

Meski kondisi ini hanya baru terjadi di beberapa kasus di rumah sakit anak di AS, Bell mengimbau kepada para dokter anak untuk lebih waspada dengan kemungkinan adanya rentetan penyakit yang lebih luas terkait COVID-19.



Simak Video "Daftar Kontak Mobil Darurat untuk Evakuasi Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)