Jumat, 01 Mei 2020 12:31 WIB

Cemas Menghantui, Ini 5 Tips Jaga Kesehatan Jiwa di Tengah Pandemi Corona

Ayunda Septiani - detikHealth
Siapa Pasien Pertama Virus Corona yang Telah Mengubah Hidup Kita Pandemi Corona juga mempengaruhi kesehatan mental. (Foto: ABC Australia)
Jakarta -

Pandemi virus Corona COVID-19 kerap membuat kita takut, cemas bahkan stres sehingga perlu untuk menjaga kesehatan mental yang baik agar mampu menghadapi situasi ini.

Psikiater dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), dr Lahargo Kembaren, SpKJ memberikan tips mengelola kesehatan jiwa di tengah wabah virus Corona. Apa saja?

"Salah satunya membatasi info berlebihan, terhadap berita yang mungkin belum diketahui kebenarannya. Ambil jarak sejenak dari info tersebut baik untuk kesehatan jiwa kita," kata dr Lahargo dalam konferensi pers daring di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (1/5/2020).

Berikut 5 tips menjaga kesehatan mental di tengah pandemi Corona menurut dr Lahargo:

1. Membatasi informasi yang berlebihan

Membatasi informasi yang berlebihan terhadap berita-berita yang mungkin belum diketahui kebenarannya. Karena kecemasan, kekhawatiran itu bisa muncul akibat terlalu banyaknya kita menonton, membaca informasi yang berlebihan.

2. Memilah informasi

Penting untuk mendapatkan informasi yang akurat dari sumber yang terpercaya agar kita melakukan pencegahan dan melakukan penanganan sesuai dengan yang dianjurkan.

Membaca sumber dari sumber yang keliru akan membuat kita menjadi lebih cemas, lebih khawatir, dan memungkinkan untuk memunculkan masalah kesehatan jiwa.

3. Melakukan hal positif

Kita juga perlu mengatasi berbagai kondisi perasaan yang tidak nyaman dengan melakukan hal-hal yang positif. Hindarilah merokok, minum alkohol, atau narkoba untuk mengatasi perasaan tidak nyaman.

Karena itu tidak akan menyelesaikan masalah. Apabila kita merasakan stres, perasaan yang tidak enak, segeralah berkonsultasi ke profesional kesehatan jiwa, seperti psikiater, perawat jiwa, psikolog. Semua itu dapat membantu kita untuk mendapatkan pertolongan yang cepat dan tepat.

4. Atasi emosi

Kita juga perlu mengatasi berbagai emosi yang kita rasakan sekarang ini dengan berbagai keterampilan yang bisa kita lakukan.

Seperti melakukan relaksasi dengan menarik napas dalam, atau teknik yang disebut progressive muscle relaxation dan juga mindfulness. Keterampilan-keterampilan mengatasi emosi bisa kita kita gunakan di waktu sekarang ini yang akan membuat perasaan tidak nyaman akan kembali membaik.

5. Mencari Pertolongan profesional

Psikiater Indonesia siap memberikan dukungan kesehatan jiwa dan psikososial karena wabah virus Corona COVID-19. Dengan menyediakan periksa dan konsultasi secara online.

Masyarakat bisa menghubungi di www.pdskji.org, konsultasi online ini bisa mengetahui seperti apa kondisi kesehatan jiwa masyarakat. Apakah mengalami suatu depresi, cemas, atau trauma psikologis.

"Kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Jangan ragu-ragu berkonsultasi dengan profesional apabila dibutuhkan," pungkasnya.



Simak Video "Kenali Gejala Gangguan Cemas yang Paling Dominan Gegara Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)