Minggu, 03 Mei 2020 12:17 WIB

5 Manfaat Tidur Siang Singkat Saat Puasa Ramadhan

Ayunda Septiani - detikHealth
Traveler woman sleeping in a train travel beside the window Tidur siang (Foto: iStock)

4. Meningkatkan konsentrasi

Manfaat tidur siang saat puasa juga dapat meningkatkan konsentrasi. Aktivitas saraf yang terjadi saat tidur memperkuat kemampuan daya ingat kamu dalam jangka panjang. Kamu juga akan lebih mudah untuk memahami dan mempelajari suatu hal sekaligus mengingatnya.

Jika saraf sudah tenang setelah tidur siang singkat, maka konsentrasi juga bisa bertambah. Kamu bisa kembali beraktivitas dengan tubuh yang lebih segar serta bisa lebih fokus.

5. Menambah tenaga

Puasa mengharuskan kamu menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 13 jam, atau lebih lama lagi di beberapa negara tertentu. Saat tubuh merasa lelah, maka jangan ragu untuk tidur siang sejenak.

Dengan manfaat tidur siang saat puasa, kamu dapat menjaga tenaga yang tersisa di tubuh. Memang lebih baik tidur siang singkat saja bila mungkin atau ketimbang melakukan hal lainnya yang tidak berguna.

Sistem motorik yang kamu gunakan selama beraktivitas akan kelelahan sehingga bekerja lebih lambat dan tidak fokus. Tidur siang sebentar saja dapat mengurangi kelelahan motorik ini, kamu pun bisa kembali bersemangat melakukan aktivitas.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Puasa Menyenangkan Bebas Hukuman Bagi Si Kecil"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)