Minggu, 03 Mei 2020 17:13 WIB

Jahe Merah dan Jambu Biji untuk Tangkal Corona Uji Klinis di Wisma Atlet

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jahe merah diyakini dapat tangkal corona, hal itu membuat warga memburu jahe merah. Naiknya permintaan jahe merah itu diakui para pedagang memberikan keuntungan Jahe merah (Foto: Wisma Putra)
Jakarta -

Sebagai upaya mengendalikan virus Corona COVID-19, pemerintah RI melakukan uji klinis terhadap beberapa bahan alami. Bahan-bahan tersebut dikembangkan sebagai suplemen pencegahan.

"Kita sudah melakukan baik systematic review, study bioinformatika, dan saat ini sedang dilakukan uji klinis terutama di RS wisma atlet," kata Prof Bambang PS Brodjonegoro, Ph.D, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) RI/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional.

"Terutama untuk bahan seperti jahe merah, jambu biji, dan virgin coconut oil," lanjut Prof Bambang.

Bahan-bahan alami tersebut diteliti untuk mengetahui apakah mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi COVID-19. Uji klinis juga diharapkan dapat menghasilkan suplemen baru yang bisa menumbuhkan daya tahan tubuh.

Selain meneliti suplemen, pemerintah RI juga melakukan uji klinis terhadap beberapa obat yang direkomendasikan untuk mengobati COVID-19. Di antaranya Avigan, Klorokuin, Tamiflu, dan juga Pil kina.



Simak Video "WHO Minta Tiap Negara Transparan soal Kasus COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)