Selasa, 05 Mei 2020 12:05 WIB

Kepedulian Didi Kempot Soal Kesehatan, Anti Narkoba hingga Bantu Korban Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Perayaan hari lahir Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dimeriahkan oleh Didi Kempot. Didi Kempot dan Muhaimin Iskandar sempat bernyanyi bersama dalam acara yang digelar di kantor DPP PKB, Jl Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2019). Didi Kempot meninggal dunia. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Penyanyi campursari kenamaan Didi Kempot meninggal dunia di Solo pagi ini. Wali Kota FX Hadi Rudyatmo mengatakan berdasarkan keterangan dokter, Didi Kempot sakit jantung.

"Kalau menurut dokter, ya (Didi Kempot sakit) jantung," ujar Rudy kepada wartawan di RS Kasih Ibu, Jalan Slamet Riyadi, Solo, Selasa (5/5/2020).

1. Jual Tiket Konser untuk Korban 'Dampak' Corona

Sebelumnya, Didi Kempot diketahui sebagai seseorang yang selalu terlibat dalam aksi kepedulian dan kemanusiaan. Contohnya dalam unggahan terakhir di akun Instagramnya, ia hendak menyumbang hasil penjualan tiket konsernya untuk orang yang terdampak Corona.

"Tiket presale Konser #AmbyarTakJogeti sudah bisa dibeli mulai 1 Mei 2020," tulis Didi Kempot dalam caption Instagramnya.

"Sebagian hasil penjualan tiket bakal disumbangkan untuk pembuatan jamu, masker, dan alat pelindung diri lainnya," lanjutnya.

2. Relawan Narkoba

Musisi legendaris yang sering disebut "Bapak Pahah Hati" ini sempat berpesan kepada para penggemarnya agar menjauhi narkoba. Ia mengaku tak pernah menyentuh narkoba selama menghasilkan karya-karyanya.

"Sampai sekarang saya menjaga diri dari narkoba. Saya nulis lagu tanpa narkoba, teman saya hanya kopi saja dan pisang goreng," kata Didi beberapa waktu lalu di Kantor Badan Narkotika Nasional.

"Terutama sobat ambyar, janganlah menyentuh itu (narkoba). Lebih baik berkarya yang betul-betul bersih," pungkasnya.

Didi Kempot jadi salah satu tokoh yang ditunjuk oleh BNN sebagai relawan antinarkoba.

3. Menolong Anak Difabel

Didi Kempot sebelumnya menciptakan lagu untuk seorang anak difabel bernama Arda Tatu dengan judul 'Tulung'. Bila ditilik dari liriknya, 'Tulung' bercerita mengenai permohonan dan doa yang diungkapkan oleh seorang Hamba agar jalan hidup-Nya diterangi dan hatinya ditenangkan.

"Semenjak saya dengar suaranya Arda, seakan-akan terpanggil nurani saya untuk menolong, merekam dia. Bukan apa, tapi karena dia layak untuk memamerkan suaranya kepada orang banyak," kata Didi Kempot bercerita tentang Arda lewat akun Instagram pribadinya.



Simak Video "LIPI Akan Buat Vaksin COVID-19 dalam Bentuk Spray"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)