Selasa, 05 Mei 2020 13:44 WIB

4 Cara Atasi Rasa Haus dan Lapar Saat Berpuasa

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi sakit perut 4 cara atasi rasa haus dan lapar saat berpuasa. (Foto: iStock)
Jakarta -

Di bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan melaksanakan ibadah puasa. Saat berpuasa, kita diwajibkan menahan dahaga dan juga rasa lapar. Agar terhindar dari keduanya, sangat dianjurkan makan dan minum yang cukup saat sahur.

Tapi, meskipun sudah sahur rasa lapar pasti akan datang, biasanya di siang hari. Untuk mengatasinya, berikut 4 tips dari Health yang bisa kamu coba di rumah.

1. Tidur

Menurut studi dari University of Chicago, saat kurang tidur bisa menyebabkan ghrelin meningkat dan memicu rasa lapar. Untuk mencegahnya, kamu bisa perbaiki pola tidur semaksimal mungkin. Tetapi, jika kamu makan sahur dengan porsi yang lebih sedikit, lebih baik kurangi aktivitas yang dilakukan.

2. Biasakan makan sehat

Untuk mencegah serangan lapar di siang hari saat puasa, sahurlah dengan menu makanan yang sehat untuk menekan ghrelin. Kurangi konsumsi makanan yang digoreng, karena itu akan membuat kamu terus-menerus menginginkan makanan berlemak dan juga mudah haus.

Selain itu, kandungan minyak pada gorengan itu akan menumpuk menjadi lemak dan membuat kamu merasa haus di siang hari.

3. Tak tergesa-gesa saat makan

Saat makan, perlu 20 menit untuk hormon menyampaikan pesan ke otak bahwa kita sudah merasa tidak lapar alias kenyang. Agar rasa lapar tidak cepat datang, minumlah sedikit air di tengah-tengah makan.

4. Bersikap tenang

Stres meningkatkan hormon kortisol hingga menyebabkan bertambahnya berat badan di sekitar perut karena nafsu makan yang meningkat. Ketika stres muncul, coba alihkan dengan olahraga, meditasi, latihan bernapas, mendengarkan musik untuk mengalihkan pikiran dari berbagai macam makanan.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)